logo

Beasiswa

Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Sudah Dibuka, Ini Syaratnya

Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Sudah Dibuka, Ini Syaratnya
Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Bagi Siswa SMA Sederajat. (EDUWARA/BIM Puspresnas)
Redaksi, Beasiswa17 Oktober, 2022 21:22 WIB

Eduwara.com, SOLO – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri (Reguler) mulai 12 hingga 31 Oktober 2022.

Melansir laman web resmi, beasiswa tersebut diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri merupakan beasiswa nongelar (non degree) yang sudah dibuka ketiga kalinya. Program beasiswa tersebut dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 diberikan kepada peserta didik kelas XI Semester 1 tahun ajaran 2022-2023 pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada ajang olimpiade/lomba/kompetisi/festival pada bidang sains, riset, teknologi dan inovasi, bidang seni, budaya, dan Bahasa, bidang olahraga dan kesehatan jasmani, bidang vokasi dan kewirausahaan.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 (Reguler) diluncurkan untuk mendukung dan mempersiapkan peserta didik berprestasi guna melanjutkan pendidikan jenjang S1 di perguruan tinggi luar negeri Tahun Akademik 2024-2025.

Seleksi beasiswa dilakukan dengan memperhatikan derajat prestasi, kepemimpinan, integritas kepribadian dan kebangsaan peserta didik, orientasi Desain Besar Manajemen Talenta Nasional, dan kriteria lainnya yang dinilai penting sesuai dengan kebutuhan pengembangan talenta emas Indonesia.

Proses Seleksi

Proses seleksi BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 (Reguler) menggunakan seleksi administrasi, substansi, dan wawancara. Kemudian menggunakan kriteria penilaian berupa transkrip nilai rapor, prestasi, penilaian substansi, dan wawancara.

Benefit yang akan didapatkan berupa pembinaan persiapan studi ke luar negeri di antaranya biaya kursus persiapan dan tes SAT/ACT, biaya kursus persiapan dan tes TOEFL iBT/IELTS, dan sejenisnya, biaya layanan college conselling, serta biaya aplikasi atau pendaftaran masuk perguruan tinggi luar negeri.

Selain itu mendapatkan pembiayaan selama menempuh studi di perguruan tinggi luar negeri seperti SPP, tunjangan buku, dan biaya skripsi. Lebih dari itu, penerima beasiswa juga mendapatkan biaya tambahan misalnya biaya hidup bulanan, transportasi, dan asuransi kesehatan.

Adapun jadwal pendaftaran BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 (Reguler) seperti berikut: sosialisasi pendaftaran beasiswa pada dilaksanakan pada 11 Oktober 2022, pembukaan pendaftaran beasiswa pada 12 Oktober 2022, penutupan pendaftaran beasiswa 31 Oktober 2022, dan seleksi administrasi dan prestasi dilaksanakan pada 1 November 2022.

Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi sdministrasi dan prestasi dijadwalkan pada 3 Desember 2022, seleksi substansi dan wawancara pada 5 - 15 Desember 2022, dan pengumuman hasil seleksi substansi dan wawancara pada.  19 Desember 2022. Sedangkan mulai tahap Pprsiapan S1 Luar Negeri dijadwalkan pada 2023

Informasi lebih lanjut mengenai dokumen yang perlu dipersiapkan, syarat lengkap, kriteria lengkap pendaftar, cara mendaftar, kegiatan dan komponen beasiswa, serta daftar perguruan tinggi luar negeri bisa dilihat melalui laman BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3 (Reguler). (K. Setia Widodo)

Read Next