logo

Beasiswa

Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 Dibuka, Gratis Biaya Pendidikan Secara Penuh

Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 Dibuka, Gratis Biaya Pendidikan Secara Penuh
Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 Dibuka, Gratis Biaya Pendidikan Secara Penuh (Istimewa)
Redaksi, Beasiswa04 Januari, 2023 15:28 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023 dibuka hingga 31 Maret 2023. Beasiswa merupakan program dari PT SMART Tbk (SMART), salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi.

Melansir pengumuman resminya, terdapat tiga kategori beasiswa yaitu Beasiswa SMART Agro, Beasiswa SMART Milis, serta Beasiswa Jalur Prestasi. Beasiswa kategori pertama berupa program pendidikan tiga tahun untuk meraih gelar Diploma (D3) Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit dengan peminatan Kebun di ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) Cikarang.

Lulusan program tersebut diharapkan dapat menjadi Asisten Agronomi. Cakupan beasiswa yaitu biaya pendidikan penuh, bantuan biaya hidup setiap semester, magang di lokasi perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food, dan berkesempatan bekerja di Sinar Mas Agribusiness and Food setelah lulus.

Adapun syarat Beasiswa SMART Agro meliputi usia Maksimal 20 Tahun, tinggi badan minimal 165 cm, tidak buta warna total maupun parsial, lulusan SMA/MAN IPA atau SMK Pertanian/SPP/SPMA, dan lulus tes kesehatan.

Sementara itu, Beasiswa SMART Milis merupakan program pendidikan tiga tahun untuk meraih gelar Diploma (D3) Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit dengan peminatan Pabrik di ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) Cikarang. Lulusan program ini diharapkan dapat menjadi Asisten Mill yang handal.

Cakupan beasiswa pun sama seperti Beasiswa SMART Agro. Adapun persyaratannya yakni lulusan jurusan IPA dari SMA / MAN atau SMK dengan jurusan Mekanikal / Elektrikal, tinggi badan minimal 165 cm, tidak buta warna total maupun parsial, lulus seluruh proses seleksi yang diadakan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food dan ITSB, dan lulus tes kesehatan.

Adapun, Beasiswa Jalur Prestasi merupakan jalur khusus untuk mendapatkan beasiswa tanpa harus melalui tes tertulis berupa tes potensi akademik, dan tes psikologi. Selain itu siswa dinilai berdasarkan catatan prestasi akademik dan non akademik.

Pelamar dapat memilih salah satu dari Beasiswa SMART Mills ataupun SMART Agro. Cakupan beasiswa juga sama seperti dua kategori beasiswa di atas namun terdapat syarat yang berbeda.

Syarat mendaftar kategori Beasiswa Jalur Prestasi ialah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA / MA / SMK) dengan akreditasi A, nilai rata-rata dari kelas 1-3 adalah 85 untuk prestasi akademik, peringkat 10 teratas di kelas, aktif berorganisasi, harus lulus Ujian Nasional sebelum wawancara.

Kemudian memiliki prestasi akademik / non akademik minimal setingkat Kabupaten/Kota (sertifikat akan ditunjukkan saat proses wawancara), dan tinggi badan minimal 165 cm.

Informasi lengkap mengenai pranala pendaftaran serta dokumen yang dibutuhkan bisa dilihat melalui laman resmi Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2023. (K. Setia Widodo)

Read Next