logo

Beasiswa

Begini Syarat Mendapatkan Beasiswa di UKDW Yogyakarta

Begini Syarat Mendapatkan Beasiswa di UKDW Yogyakarta
Kepala Admisi dan Promosi Veronica Tiara dan Staf Admisi UKDW Yogyakarta Julius Benny Patera saat menjelaskan mengenai program beasiswa bagi mahasiswa baru. (EDUWARA/Dok. UKDW)
Setyono, Beasiswa14 Juli, 2022 20:35 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Kepala Admisi dan Promosi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Veronica Tiara menyatakan pihaknya telah menyiapkan beragam beasiswa bagi calon mahasiswa baru.

"Ini karena beasiswa menjadi topik pertanyaan yang cukup sering dilontarkan mahasiswa UKDW di masa pandemi Covid-19. Hanya saja, peminat dan penerima dari beasiswa itu pasti tidak sebanding," jelas Veronica Tiara, Kamis (14/7/2022).

Tiara mengatakan beasiswa yang diberikan kampus sangat beragam namun juga terbatas penerimanya. Makanya mahasiswa diminta menunjukkan eksistensi dirinya agar bisa mendapatkan beasiswa itu.

Dia mengatakan, UKDW bisa memberikan beasiswa penuh pada calon mahasiswa baru pada awal perkuliahan, tapi ada juga beasiswa yang diberikan ketika sudah tercatat menjadi mahasiswa dengan prestasi peningkatan nilai.

Bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh, menurut Tiara, yang bersangkutan dibebaskan biaya sepeser pun selama menempuh studi selama empat tahun masa perkuliahan. Ada juga beasiswa yang bisa memotong biaya perkuliahan selama di UKDW.

 "Tergantung teman-teman calon mahasiswa ini mau ikut yang mana. Kalau yang gratis itu sudah kami buka kesempatan pendaftaran sejak tahun 2021. Siswa kelas XII sudah mendapatkan kesempatan dapat beasiswa," jelas Tiara.

Staff Admisi UKDW Julius Benny Patera menambahkan, UKDW bakal mencari siswa-siswa berprestasi dengan melihat nilai rapor mereka.

 "Jika rata-rata nilai rapornya itu 75 ke atas, bisa dapat potongan harga 10-100 persen untuk uang gedung," katanya.

Selain menggunakan nilai akademik, UKDW juga akan memberikan potongan harga untuk Dana Pengembangan Fasilitas Pendidikan (DPFP) senilai Rp 1 juta bagi mahasiswa baru yang masuk lewat jalur reguler.

Potongan itu, kata dia, masih bisa bertambah dengan menunjukkan sertifikat prestasi non akademik. Dirinya mencontohkan jika ada keluarga kandung yang merupakan alumni UKDW atau masih berkuliah di sini, calon mahasiswa berhak dapat potongan lagi.

Beasiswa di UKDW dipaparkan berasal dari pemerintah dan pihak swasta. Tahun lalu ada sebanyak 20 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari pihak swasta. Adapun tahun ini jumlah penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), kuota hanya tersedia 30 kursi.

"Beasiswa bisa diberikan di semua jurusan, kecuali Kedokteran dan Filsafat Keilahian," paparnya.

Read Next