logo

Kampus

Berharap Lahirkan Atlet e-Sport Profesional, UMM Gelar Kejuaraan Mobile Legend Nasional

Berharap Lahirkan Atlet e-Sport Profesional, UMM Gelar Kejuaraan Mobile Legend Nasional
Komentator mengomentari jalannya kompetisi Championship Mobile Legend Bang-Bang (MLBB) 2021 secara daring, Jumat (19/11/2021). ((EDUWARA/Humas UMM))
Fathul Muin, Kampus29 November, 2021 22:21 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar UMM Championship Mobile Legend Bang-Bang (MLBB) 2021 secara daring sebagai upaya memfasilitasi mahasiswa dalam aspek kegiatan nonakademis, Jumat (19/11/2021).

Ketua Mobile Legend Club-ID (MLCID) UMM, Nizar Muttaqin, penyelenggara kegiatan tersebut, mengatakan event UMM Championship ini menjadi ajang kejuaraan e-sport tingkat nasional pertama yang diselenggarakan MLCID. 

Inisiasi kejuaraan ini berawal dari pihak kemahasiswaan UMM yang terus mendorong agar segera melangsungkan kejuaraan e-sport.

"Awalnya, pihak Kemahasiswaan UMM yang terus mendorong kami untuk melangsungkan kompetisi di cabang e-sport. Apalagi cabang ini semakin ke sini semakin diperhitungkan," tuturnya, Senin (19/11/2021).

Menurut dia, kejuaraan ini diikuti 56 tim dari universitas se-Indonesia. Sistem yang diberlakukan, knockout, sehingga sekali tim kalah maka sudah tersingkir dari perebutan juara.

Adapun pada babak penyisihan dengan mekanisme sekali kemenangan, sementara semi final harus meraih dua kemenangan. Terakhir, tiap tim harus mendapatkan tiga kemenangan dalam babak final untuk bisa menjadi juara. 

Kurangnya anggota menjadi salah satu kendala yang mereka hadapi selama penyelenggaraan. Meski pemain mobile legend di kalangan mahasiswa cukup banyak, namun hanya segelintir yang menggelutinya dengan serius. Apalagi klub ini baru berdiri dua tahun lalu, tepatnya pada 2019. 

"Untuk mengatasi kendala tersebut, kami akhirnya membuka open recruitment sebagai panitia sehingga SDM dapat mencukupi dan membuat kejuaraan ini lebih lancar dan terorganisasi," tuturnya.

Meski banyak tantangan saat pelaksanaan, kejuaraan UMM Championship MLBB mendapat respon baik dari peserta universitas lain. Mereka mengatakan akan dengan semangat mendaftar dan bersaing jika ada kompetisi seperti itu di UMM. 

Adapun juara pertama lomba tersebut dimenangkan oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya. Juara kedua diraih oleh Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan posisi ketiga dimenangkan oleh tim UMM.

Nizar, mahasiswa Prodi Informatika UMM, berharap nantinya e-sport bisa berkembang di kalangan mahasiswa, utamanya di UMM. Dengan perkembangan cabang e-sport lainnya sehingga tidak terbatas pada MLBB saja.

"Semoga dari sini kami bisa melahirkan atlet-atlet e-sport profesional yang handal," katanya. 

Read Next