logo

Kampus

Dalam Ajang Silaturahim APIK PTMA, Mahasiswa Fikom UMY Raih Prestasi

Dalam Ajang Silaturahim APIK PTMA, Mahasiswa Fikom UMY Raih Prestasi
Di ajang silaturahmi nasional (Silat) Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (APIK PTMA), empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih prestasi. (Istimewa)
Setyono, Kampus22 Desember, 2022 15:47 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Di ajang silaturahmi nasional (Silat) Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (APIK PTMA), empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih prestasi.

Berlangsung pada Selasa (20/12/2022), ajang yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ini bertemakan 'The Challenges of Digital Communication in The New Normal Era'.

"Kami berempat mewakili mahasiswa UMY untuk ikut kompetisi antar mahasiswa dari berbagai kampus. Kompetisi ini sangatlah menantang untuk diikuti sebagai upaya pengembangan potensi diri," kata Maudy Marditta, Kamis (22/12/2022) yang mewakili keempat rekannya yang meraih prestasi.

Empat mahasiswa yang meraih prestasi ini yaitu Daffa Tabris yang berhasil meraih juara dua bidang fotografi, Nurul Hayati juara harapan tiga Tiktok,  Maudy Marditta juara harapan dua Digital Journalism, dan Ichsan Herwanto juara tiga kompetisi Public Relations Crisis Programs.

Selain berasal dari perguruan tinggi Muhammadiyah, Maudy menerangkan ada beberapa peserta yang hadir dari Cina dan India.

Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMY Erwan Sudiwijaya menyatakan keikutsertaan dalam ajang ini diharapkan menjadikan mahasiswa semakin lekat dengan atmosfer akademik dan kompetisi.

"Meskipun ini kompetisi, yang menarik adalah adanya inisiasi jejaring antar mahasiswa Ilmu Komunikasi. Kedepannya ini akan menjadi modal sosial bagi mahasiswa mengembangkan kolaborasi antar kampus karena telah mengenal. Setelah kompetisi, kami berharap mahasiswa terus saling silaturahmi," ujar Erwan.

Kompetisi ini berlevel internasional, yang diadakan oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (APIK PTMA).  Mekanisme kompetisi tersebut diawali dengan workshop yang diisi fasilitator dosen-dosen dari berbagai kampus dalam jejaring APIK PTMA. Setelah workshop dilanjutkan dengan kompetisi yang disupervisi para fasilitator. Penjurian dilakukan oleh juri yang berkompeten di bidang masing-masing.

Kompetisi tersebut juga menjadi bagian dari serangkaian kegiatan seminar, konferensi dan workshop internasional. Rangkaian kegiatan Silat APIK PTMA berlangsung dua hari sejak 19 sampai 20 Desember.

Dalam seminar sebelum kompetisi antar mahasiswa dimulai, panitia menghadirkan perwakilan dari Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Widodo Muktiyo, akademisi dari Universitas Gadjah Mada Novi Kurnia, Satgas Perubahan Perilaku Covid-19 Sonny B. Harmadi, dan dosen UMY Fajar Junaedi sebagai narasumber. 

Read Next