logo

EduBocil

Dosen Sosiologi UMM Beri Amatan Kritis Web Series Layangan Putus

Dosen Sosiologi UMM Beri Amatan Kritis Web Series Layangan Putus
Dosen Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Luluk Dwi Kumalasari. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, EduBocil26 Januari, 2022 23:32 WIB

Eduwara.com, MALANG — Layangan Putus merupakan salah satu web series Indonesia yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini karena mengangkat kisah mengenai perselingkuhan. Serial film yang sukses menjadi viral di berbagai media sosial ini ditinjau secara kritis oleh Dosen Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Luluk Dwi Kumalasari.

"Viralnya series Layangan Putus ini membawa beberapa dampak dalam kehidupan masyarakat," katanya, Rabu (26/1/2022).

Luluk, sapaan akrabnya, menjelaskan viralnya serial ini tak hanya mempengaruhi kalangan dewasa tetapi juga anak-anak. Terpaparnya anak-anak terhadap konten Layangan Putus ini dapat berdampak negatif bagi pola pikir mereka.

Anak-anak menjadi mengenal perselingkuhan, perceraian, dan ketidakharmonisan pada keluarga di usia yang masih sangat muda.

"Sebenarnya series ini sudah dibatasi dari anak kecil melalui sarana konten berbayar dan himbauan tentang penonton berusia 17 tahun ke atas. Namun viralnya cuplikan film Layangan Putus di beberapa media sosial seperti Tiktok dan Instagram membuka akses bagi anak-anak untuk menonton," ucapnya.

Melihat hal tersebut, kata dia, maka sebagai orang tua harus memberikan pemahaman lebih kepada anak terkait perselingkuhan maupun perceraian. Selain itu, orang tua juga bisa turut melakukan pembatasan konten dengan menggunakan fitur Tiktok kids.

Kepala Program Studi (Prodi) Sosiologi tersebut menegaskan, dampak lain yang menerpa setelah viralnya Layangan Putus adalah kekhawatiran bahwa pasangan akan melakukan perselingkuhan seperti yang diceritakan dalam film.

Dia menambahkan, realitas mengenai perselingkuhan dan perceraian adalah fenomena lama yang sudah sering terjadi. Hal ini juga berbanding lurus dengan budaya patriarki yang ada di Indonesia.

Ketika telah memiliki banyak uang dan kekuasaan, maka laki-laki cenderung lebih merasa berkuasa dan leluasa untuk mengelola, mengatur serta memainkan sistem. Hal tersebut juga termasuk sistem keluarga, sehingga salah satu hal yang mungkin dilakukan adalah dengan bermain wanita.

"Untuk meredam kekhawatiran tersebut, masing-masing pasangan harus menyadari hak dan kewajiban di rumah tangga. Saya percaya jika masing-masing pasangan telah melakukan hak dan kewajibannya secara benar maka kekhawatiran dan potensi untuk berselingkuh akan menghilang. Selain itu menumbuhkan kepercayaan antar pasangan juga dapat melawan kekhawatiran," kata dosen kelahiran Jombang itu.

Namun selain dampak negatif yang datang, menurut dia, film ini juga memberikan pembelajaran yang bagus bagi pasangan suami istri. Salah satunya adalah mengenali tanda-tanda perselingkuhan dan cara menghadapinya.

Selama ini, beberapa wanita tidak ingin melakukan perceraian ketika mengalami kasus perselingkuhan atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Hal itu tidak lepas akan penyematan status janda yang dianggap buruk oleh masyarakat sekitar.

"Saya paham bahwa alasan bercerai atau tidak itu sangat personal, entah karena anak ataupun karena percaya bahwa pasangan akan berubah. Namun ketika alasannya adalah karena janda merupakan sesuatu buruk, film Layangan Putus telah mematahkan pendapat tersebut," ucapnya.

Read Next