logo

Kampus

Drone UMY Raih Juara 2 di Ajang Technogine 2022

Drone UMY Raih Juara 2 di Ajang Technogine 2022
Drone UMY Raih Juara 2 di Ajang Technogine 2022 (Istimewa)
Setyono, Kampus24 Januari, 2023 16:30 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih peringkat dua dalam ajang Technogine 2022 yang diselenggarakan oleh Telkom University.

Bersama Research Technology of Flight Aerogear UMY, Fallah Alfrido Firmansyah,  Wahyu Aji Pratama, Miftahul Faruq Ibnul Fatoni dan Muhammad Ihsan menyabet Juara 2 Kategori Technology Vertical Drone Mission.

"Serangkaian perlombaan Technogine sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Dengan perlombaan inti yang dimulai pada bulan Januari 2023," kata Fallah mewakili rekan-rekannya Selasa (24/1/2023).

Technogine merupakan perlombaan teknologi tingkat nasional dengan peserta yang berasal dari 15 Perguruan Tinggi swasta dan negeri yang ada di Indonesia.

Pada Technogine 2022, Fallah dan tim menampilkan drone jenis quadcopter yang ditambahkan dengan Artificial Intelligence (AI). Drone ini sendiri dapat membaca warna objek dari suatu benda yang diidentifikasi.

Drone ini juga dapat menjatuhkan paket atau barang sesuai dengan warna yang diinginkan. Kesulitan dari pembuatan drone pada perlombaan ini terletak pada penambahan AI pada drone itu sendiri.

"Kesulitan yang kami hadapi terdapat pada proses pembuatan drone, yakni pembuatan AI yang harus dipadukan dengan sistem drone agar drone tersebut berjalan stabil dan tidak error," imbuhnya.

Melalui perlombaan ini, Fallah mengajak mahasiswa UMY khususnya mahasiswa Fakultas Teknik untuk mencoba kegiatan atau perlombaan untuk menambah pengalaman.

"Saya harap mahasiswa Fakultas Teknik dapat mencoba kegiatan atau perlombaan yang out of the box. Dari kegiatan atau perlombaan tersebut, setidaknya kita akan mendapatkan pengalaman dan illmu yang belum tentu didapatkan di kampus," pungkas Fallah.

Read Next