logo

Sekolah Kita

Giatkan Promosi, Sekolah Muhammadiyah Se-Magelang Gandeng UMY

Giatkan Promosi, Sekolah Muhammadiyah Se-Magelang Gandeng UMY
Demi meningkatan promosi sekolah, Musyarakah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammadiyah, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menggandeng dua fakultas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (Eduwara/Setyono)
Setyono, Sekolah Kita22 April, 2022 14:18 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Demi meningkatan promosi sekolah, Musyarakah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammadiyah, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menggandeng dua fakultas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Lewat pelatihan bertajuk Pemanfaatan Media Sosial & Media Massa Untuk Strategi Promosi Sekolah yang diselenggarakan Jumat (22/4/2022) di gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Magelang. MKKS menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL).

Menurut Ketua MKKS Muhammadiyah Magelang, Sularto kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru-guru dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana mempromosikan atau membranding sekolah.

"Kami sadar persaingan mendapatkan siswa baru bagi sekolah swasta, khususnya sekolah kejuruan, semakin ketat. Untuk itu kami ingin guru-guru SMK Muhammadiyah di Magelang punya keterlibatan yang tinggi dalam mempromosikan sekolahnya dengan memanfaatkan teknologi terkini yaitu medsos," ujar Sularto.

Diakuinya selama masa pandemi, menggunakan media sosial secara bijak dan cerdas sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terlebih oleh guru-guru sekolah, agar bisa memanfaatkan keberadaan media sosial sebagai sarana menyampaikan ilmu yang bermanfaat dan mengenalkan sekolahnya kepada masyarakat. "Selama dan pasca-pandemi Covid-19 ini, kecerdasan bermedia sosial sangat diperlukan," tambah Sularto.

Sebagai kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPPM) UMY. Dosen FEB UMY Meika Kurnia Puji maka beberapa strategi dan trik seperti menulis berita atau publikasi ringan diberikan para narasumber.

"Kami juga melatih para peserta melakukan praktik langsung mengirim berita ke media sosial dan media massa," ujarnya yang bertindak sebagai moderator pelatihan.

Meika menegaskan tidak hanya sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini juga menunjukkan adanya sinergitas tinggi antara UMY dan Amal Usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Adapun, sebagai narasumber UMY menghadirkan dua dosen dari FISIPOL yaitu Fajar Junaedi dan Erwan Sudiwijaya.

Mewakili SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Asti Zulaina Taufan mengungkapkan kegiatan ini menyenangkan, menarik dan sangat bermanfaat untuk mendukung kemajuan sekolah.

Read Next