logo

Sekolah Kita

HARI PERS NASIONAL: Nadiem Makarim Apresiasi Peran Pers bagi Sektor Pendidikan

HARI PERS NASIONAL: Nadiem Makarim Apresiasi Peran Pers bagi Sektor Pendidikan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (Kemendikbudristek)
Bunga NurSY, Sekolah Kita09 Februari, 2022 12:36 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Pers dan media massa dinilai memiliki peranan penting untuk turut mewujudkan Merdeka Belajar dan mencetak sumber daya manusia unggul.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim saat menyampaikan ucapan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Adapun, puncak peringatan HPN 2022 diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.     

"Selamat merayakan Hari Pers Nasional Tahun 2022. Semoga pers Indonesia semakin adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman," ujar Nadiem di Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers Kemendikbudristek pada Rabu (9/2/2022).

Nadiem juga mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dinilainya mendukung upaya mencerdaskan bangsa. Menurutnya, media massa berperan penting dalam membangun pola pikir dan sikap masyarakat. 

Dilanjutkan Nadiem, media massa merupakan salah satu institusi strategis dalam pembangunan karakter bangsa selain sekolah atau lembaga pendidikan. Media massa menjadi salah satu sumber belajar penting yang memperkaya ekosistem pendidikan nasional, khususnya di era informasi seperti saat ini.

"Produk-produk jurnalistik menjadi salah satu materi belajar yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik maupun para pendidik. Misalnya, sebuah artikel bisa memantik diskusi yang melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif," katanya.

Hal tersebut sejalan dengan program dan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bermuara pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia; berpikir kritis; kreatif; mandiri; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Untuk itu, Menteri Nadiem berharap agar media massa dapat menjaga nilai-nilai utama jurnalistiknya sembari terus berinovasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman. "Memang tidak mudah, tapi saya yakin insan pers nasional kita mampu menghadirkan terobosan-terobosan positif yang dicatat sejarah," pesannya.     

Lebih lanjut, Mendikbudristek berharap kolaborasi insan pers dengan insan pendidikan nasional semakin diperkuat untuk mengakselerasi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia. 

"Saya harap peringatan Hari Pers Nasional dapat menjadi momentum terciptanya kolaborasi insan pers nasional dan insan pendidikan yang semakin erat. Kita perlu gerakan bersama untuk mewujudkan SDM unggul yang menghadirkan lompatan-lompatan kemajuan. Saya mengajak insan pers nasional untuk bersama-sama mewujudkan Merdeka Belajar," pungkasnya.

Read Next