logo

Kampus

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Terima 24 Mahasiswa PLP UMS

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Terima 24 Mahasiswa PLP UMS
Penerimaan mahasiswa PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Aula Sekolah Sehat, SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo, Senin (7/2/2022). (Eduwara.com/IstimSD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo)
Redaksi, Kampus09 Februari, 2022 06:30 WIB

Eduwara.com, SOLO—Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Solo menerima 24 mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (7/2/2022).

Penerimaan mahasiswa itu dilaksanakan di Aula Sekolah Sehat dengan protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 5M untuk cegah Covid-19 dan Omicron.

Dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Senin (7/2/2022), Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Sri Sayekti, M.Pd, berharap kegiatan itu mampu memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa melalui pengamatan/observasi untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di sekolah.

“Oleh karena itu mahasiswa dipersilakan untuk mengobservasi struktur organisasi dan tata kerja di sekolah. Juga observasi kultur sekolah dan pelibatan aktivitas pendidikan di sekolah,” beber Sayekti.

Dia menambahkan, sekolah yang berdiri sejak 1935 itu selalu menjadi pelopor dan inovator dalam hal layanan pendidikan yang berkeunggulan dan berkeadaban. 

Diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial. Memperkuat pemahaman peserta didik melalui observasi proses belajar mengajar dan aktivitas siswa di sekolah. 

“Selain itu juga membangun landasan jati diri pendidik dengan langsung merasakan kultur pendidikan di lapangan dengan mengamati interaksi guru dan murid. Memantapkan kompetensi pedagogik melalui observasi dan refleksi langsung di lapangan,” ungkap dia. 

Empat Kompetensi

Kegiatan tersebut diharapkan mampu membentuk empat kompetensi yang dipersyaratkan bagi calon guru profesional, yaitu kompetensi kepribadian; kompetensi sosial; kompetensi pedagogik; dan kompetensi profesional.

“Usai mengikuti PLP diharapkan bisa membawa dampak yang baik dari dunia pendidikan. Maju dan bersinar bersama, semakin inovatif dan kreatif dalam membangun strategi dan metodologi sistem pembelajaran yang akan diimplementasikan di sekolah kelak,” pesan dia.

Sayekti menyampaikan, pihaknya menerima 24 mahasiswa PLP tersebut menjadi bagian dari keluarga besar SD Muhammadiyah 1 Ketelan. “Salurkan semua potensi bakat dan minat yang dimiliki,” tutur dia

Menurut Sayekti, sekolah itu telah jadi destinasi pendidikan unggul dan berkemajuan di era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Kuat dalam iman dan takwa (imtak), ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan keterampilan di bawah kurikulum nasional, kurikulum internasional dari Cambridge University untuk Bahasa Inggris dan kurikulum ciri khusus Muhammadiyah. (K. Setia Widodo/*)

Editor: Riyanta

Read Next