logo

Kampus

Karya Smart Rooftop Mahasiswa UGM Ini Dilengkapi Self-Cleaning Glass

Karya Smart Rooftop Mahasiswa UGM Ini Dilengkapi Self-Cleaning Glass
Karya Smart Rooftop Mahasiswa UGM Ini Dilengkapi Self-Cleaning Glass (UGM)
Setyono, Kampus26 Agustus, 2022 16:45 WIB

Eduwara.com, JOGJA—Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan genteng fotovoltaik pintar yang dinamakan smart rooftop. Inovasi pemanfaatan energi surya untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga ini dilengkapi self-cleaning glass.

Genteng pintar bertenaga surya merupakan karya dari Nifwan Arbi Nugroho dan Lathief Nurmahmudi Wijaya. Karya mereka ini menggunakan energi sel surya yang berbasis Internet of Things (IoT).

"Selain dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik. Genteng karya kami memiliki self-cleaning glass agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah dibersihkan lewat ponsel," kata Nifwan, Jumat (26/8/2022).

Lathief mengatakan keunggulan genteng surya ini ada pada penggunaan teknologi IoT sehingga memudahkan proses perawatan secara otomatis dari gawai. Bahkan bisa mengetahui performa genteng surya hingga mengetahui keadaan lingkungan sekitar.

"Genteng pintar ini dilengkapi alat penyiram air yang terhubung dengan perangkat ponsel pintar, proses pemeliharaan dapat dilakukan secara otomatis saat tidak ada hujan," jelasnya.

Selain itu, genteng surya ini terdapat berbagai sensor seperti sensor suhu, sensor hujan, sensor kelembaban, sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor), dan sensor daya yang membuat pengguna mengetahui kondisinya.

Saat ini, Lathief mengaku genteng pintar bertenaga surya ini akan terus dikembangkan agar nantinya bisa lebih banyak fitur-fitur yang ditambahkan pada genteng dan juga bisa dikomersilkan supaya bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Selain Nifwan dan Lathief, genteng pintar bertenaga surya ini dirancang oleh mahasiswa Fakultas Teknik UGM lainya yaitu Muhammad Rafif Taqiyuddin dan Maulana Istar dengan mendapat bimbingan dosen Fakultas Teknik UGM Ahmad Agus Setiawan.

Pengerjaan inovasi genteng surya ini melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM - KC) UGM dan memperoleh sumber dana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Kebudayaan.

Read Next