logo

Kampus

Kembangkan Sociopreneurship, UMBY Gandeng Universitas Muhammadiyah Gresik

Kembangkan Sociopreneurship, UMBY Gandeng Universitas Muhammadiyah Gresik
Lewat kuliah perdana, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkomitmen dalam pengembangan Sociopreneurship dengan mengandeng Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG). (Istimewa)
Setyono, Kampus29 Juli, 2022 15:30 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Lewat kuliah perdana, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkomitmen dalam pengembangan Sociopreneurship dengan mengandeng Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG).

Berlangsung secara hibrid pada Kamis (28/7/2022), kuliah perdana ini merupakan bagian dari upaya pengembangan kewirausahaan sosial.

"Materi kuliah kewirausahaan sosial ini mengambil tema 'Indentifikasi Peran Sociopreneurship: Nilai Budaya, Aplikasi dan Tantangannya," kata Dekan Fakultas Psikologis UMBY Reny Yuniasanti, Jumat (29/7/2022).

Dalam kuliah umum, para mahasiswa mendapatkan materi dari Wakil Dekan Fakultas Psikologi UMBY Wahyu Kuncoro serta Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemitraan UMG Nadhirotul Laily.

Lewat paparannya, kedua materi sepakat permasalahan sosial Indonesia terkait banyaknya pengangguran.

"Padahal sektor kewirausahaan sosial menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi. Kita juga dihadapkan pada minimnya SDM entrepreneur khususnya sociopreneur," jelas Wahyu.

Maka dari itu, Wahyu mengajak mahasiswa dan seluruh civitas akademisi ikut berkembang di tengah masyarakat sehingga berdampak positif dalam pertumbuhan ekonominya.

Pembicara kedua Nadhirotul Laily, menekankan pentingnya pendampingan dalam pemberdayaan dan mengembangkan kewirausahaan masyarakat. Ini bertujuan supaya nilai-nilai sosial tidak terlupakan seiring upaya masyarakat memperoleh keuntungan secara ekonomis dari usahanya.

"Hidup menjadi lebih bermakna jika dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menjadi seorang sociopreneur," ujarnya.

Usai penandatanganan kerjasama, Dekan Fakultas Psikologi UMBY Awang Setiawan Wicaksono menyampaikan kerjasama sama UMBY dan UMG terjalin karena kedua fakultas mempunyai visi misi sama dalam pengembangan sociopreneourship.

Read Next