logo

Kampus

Kenalkan Proses Pembelajaran, FKHUM UKDW Gelar Open House

Kenalkan Proses Pembelajaran, FKHUM UKDW Gelar Open House
FKHUM UKDW Yogyakarta menggelar open house bertajuk “Fun with FKHUM” pada Rabu, 15 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dua prodi yang ada di FKHUM UKDW, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Prodi Studi Humanitas, kepada siswa-siswi SMA/SMK yang ada di Yogyakarta. (EDUWARA/Dok. UKDW)
Redaksi, Kampus21 Mei, 2024 19:41 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Fakultas Kependidikan dan Humaniora (FKHUM) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar open house bertajuk “Fun with FKHUM” pada Rabu, 15 Mei 2024. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dua program studi (prodi) yang ada di FKHUM UKDW, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Prodi Studi Humanitas, kepada siswa-siswi SMA/SMK yang ada di Yogyakarta.

Agnes Valentina selaku Ketua BEM FKHUM UKDW menjelaskan lewat kegiatan ini, siswa-siswi SMA/SMK yang hadir dapat lebih mengenal Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Studi Humanitas. 

“Mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan para dosen maupun mahasiswa serta bisa menggali informasi lebih dalam terkait mata kuliah yang ditawarkan,” kata Agnes, dalam rilis Selasa (21/5/2024).

Selain itu, lanjut Agnes, kegiatan ini juga menjadi ajang bagi siswa-siswi SMA/SMK serta mahasiswa FKHUM UKDW untuk menampilkan bakatnya.

“Para pengunjung dapat menikmati penampilan-penampilan seperti tari, band, dan musikalisasi puisi. Kami berharap para siswa yang hadir disini dapat mengembangkan passionnya dengan bergabung bersama kami, melanjutkan studi di salah satu prodi yang ada di FKHUM UKDW,” terangnya.

Sedangkan Raden Bima Adi, selaku Dekan FKHUM UKDW, menyampaikan apresiasinya kepada panitia yang telah menyiapkan acara dengan sangat baik dan peserta yang antusias mengikuti acara ini. 

Soft Skill dan Hard Skill

Sementara itu, Parmonangan Manurung, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Informasi, dan Inovasi (WR 3) UKDW mengatakan UKDW memiliki banyak unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bisa diikuti. 

“Jadi para mahasiswa di UKDW tidak hanya punya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan akademik, tetapi bisa mengembangkan soft skill dengan berorganisasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ada,” terangnya.

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UKDW fokus pada tiga bidang yakni English for Specific Purposes (pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus), technology-enhanced instruction (pemanfaatan teknologi pembelajaran), serta intercultural competence approach (kompetensi komunikasi lintas budaya). 

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UKDW juga mengintegrasikan kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk membekali mahasiswa dengan soft skills dan hard skills guna memasuki dunia kerja.

Sedangkan Prodi Studi Humanitas UKDW merupakan program studi multidisipliner, di mana mahasiswa memperoleh pengetahuan teoretis maupun praktis di bidang humaniora tentang masyarakat dan kebudayaannya di era digital. 

Dengan begitu, mahasiswa mampu memahami, mengeksplorasi, dan merespons persoalan-persoalan humaniora dalam praktik hidup masyarakat sehari-hari. 

Lulusan Prodi Studi Humanitas UKDW diharapkan mampu menganalisis perkembangan kebutuhan dunia digital bagi korporasi maupun advokasi sosial di ruang digital. (*)

Read Next