logo

Kampus

LPDP Buka Beasiswa Metalurgi dan Sains Material

LPDP Buka Beasiswa Metalurgi dan Sains Material
Beasiswa Kerja Sama Metalurgi dan Sains Material LPDP RI. (EDUWARA/@lpdp_ri)
Redaksi, Kampus01 Juni, 2022 06:40 WIB

Eduwara.com, SOLO – Pendaftaran Beasiswa Metalurgi dan Sains Material sudah dibuka sejak 20 Mei hingga 5 Juni 2022. Beasiswa tersebut merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok dalam pendanaan beasiswa di bidang Metalurgi antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Central South University, dan GEM Co. Ltd.

Melansir situs resminya, kerja sama akan berlangsung selama tiga tahun, dimulai pada tahun 2022 sampai dengan 2025, dengan masing–masing pihak mendanai beasiswa selama satu tahun periode akademik. Pembiayaan beasiswa pada tahun pertama dilaksanakan oleh School of Metallurgy and Environment, Central South University (CSU), pada tahun kedua dilaksanakan oleh LPDP, dan pada tahun ketiga dilakukan oleh GEM Co. Ltd.

Beasiswa tersebut bertujuan meningkatkan mutu dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) teknologi dan manajemen pada bidang metalurgi dan sains material. Program beasiswa akan berlangsung dari tahun 2022 hingga 2025, dimulai pada September 2022. Adapun program studi tujuan adalah School of Metallurgy and Environment CSU dengan kekhususan pada New Energy Materials and Comprehensive Utilization of Resources.

Sasaran Program Beasiswa Kerja Sama Indonesia-Tiongkok Bidang Metalurgi Dan Sains Material adalah masyarakat umum dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan target penerima beasiswa sejumlah paling banyak 50 orang. Melalui beasiswa tersebut, penerima berkesempatan menempuh pendidikan master satu gelar (single degree) dengan durasi studi selama 36 bulan dengan mekanisme pendanaan beasiswa dilaksanakan secara bersama antara CSU, LPDP dan GEM Co.Ltd untuk setiap periode tahun akademik.

Pendaftar beasiswa diharuskan telah menyelesaikan studi pada program diploma empat (D4) atau sarjana (S1). Pendaftar diutamakan lulusan dari program studi Kimia, Teknik Kimia, Fisika, Material Science, Teknik Material, Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Produksi, dan Teknik Manufaktur.

Pendaftar beasiswa juga disyaratkan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dan dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir. Kemudian skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 85 atau IELTS 6.0, tidak sedang menerima, atau akan menerima beasiswa dari sumber lain, dan tidak sedang menjalani studi (on going).

Setelah selesai menjalankan pendidikan, nantinya penerima beasiswa wajib kembali ke Indonesia memberikan kontribusi kepada negara sesuai dengan kebijakan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) bagi alumni berasal dari masyarakat umum, serta sesuai dengan kebijakan masing-masing kementerian atau lembaga bagi alumni yang berasal dari ASN.

Penerima beasiswa yang berasal dari masyarakat umum diwajibkan menandatangani kontrak perjanjian mengenai kesediaan untuk ditempatkan bekerja sesuai program pengelolaan SDM oleh Kemenkomarves dan menyampaikan salinan kontrak perjanjian kepada LPDP pada saat pengajuan Letter of Guarantee (LoG).

Adapun jadwal Beasiswa Kerja Sama Metalurgi dan Sains Material sebagai berikut: pendaftaran beasiswa 20 Mei–5 Juni  2022, seleksi administrasi 6 Juni–9 Juni 2022, pengumuman hasil seleksi administrasi 12 Juni 2022, seleksi substansi 13–17 Juni 2022, dan pengumuman hasil seleksi substansi pada 20 Juni 2022.

Informasi lanjut mengenai syarat lengkap, dokumen yang dibutuhkan, prosedur dan mekanisme beasiswa, kontribusi lulusan beasiswa, dan peraturan pemberhentian penerimaan beasiswa bisa dilihat melalui pengumuman resmi Beasiswa Kerja Sama Metalurgi dan Sains Material. (K. Setia Widodo)

Read Next