logo

Kampus

Luluskan 153 Wisudawan, FIA UI Berharap Alumni Dapat Ciptakan Lapangan Kerja

Luluskan 153 Wisudawan, FIA UI Berharap Alumni Dapat Ciptakan Lapangan Kerja
Prosesi Yudisium FIA UI yang meluluskan 153 wisudawan. 76 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude (UI)
Bhakti Hariani, Kampus02 Februari, 2022 11:34 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Lulusan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, tidak hanya terpaku sebagai pencari kerja.

Hal itu diungkapkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Chandra Wijaya dalam rangka yudisium kampus tersebut. 

“Harapan saya, para lulusan diharapkan tidak hanya menjadi job seeker namun juga bisa menjadi seorang job creator yang bermanfaat bagi orang lain,” ujar Chandra dalam siaran pers, Selasa (1/2/2022).

Para lulusan, lanjut Chandra juga didorong untuk memberikan karya terbaiknya kepada keluarga, bangsa dan negara sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. 

Setelah menyandang status sebagai alumni FIA UI, para lulusan juga diminta dapat memberikan imbal balik kepada almamater berupa review dan masukan kepada FIA UI dalam pelaksanaan penelusuran studi dan penilaian oleh pimpinan kerja alumni. 

Chandra juga menyampaikan kebijakan terkait fasilitas khusus bagi alumni yang lulus dengan predikat cumlaude maupun lulusan berprestasi. 

“Khusus bagi lulusan S1dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 di FIA UI tanpa harus mengikuti ujian TOEFL maupun TPA [tes potensi akademik], namun tetap harus mendaftar pada SIMAK UI. Selain itu, juga terdapat potongan sebesar 50% dari uang pangkal yang ada,” ungkap Chandra.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FIA UI Fibria Indriati menuturkan, pada Semester Gasal tahun akademik 2021-2022, FIA UI meluluskan 153 wisudawan yang terdiri dari115 wisudawan program sarjana, 35 wisudawan program magister, serta 3 wisudawan program doktor. 

Hasil ini, kata Fibria, tidak jauh berbeda dari pencapaian lulusan di Semester Genap sebelumnya, dengan lebih dari 50 persen lulusan berpredikat cumlaude

“Dari lulusan tersebut, 76 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude, 74 wisudawan berpredikat sangat memuaskan, serta 3 orang dengan predikat memuaskan,” tutur Fibria.

Sementara itu, Ketua Senat Akademik Fakultas Ning Rahayu mengingatkan tantangan bagi lulusan FIA UI menghadapi dunia kerja di masa pandemi Covid-19. Ning menekankan pentingnya prinsip kreativitas dan kolaboratif untuk dapat menjadi dasar bagi lulusan agar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Bagi para lulusan FIA UI yang sangat menantang saat ini pada masa pandemi adalah di dunia kerja, sehingga perlu memegang prinsip kreativitas dan kolaboratif. Jaga jaringan yang telah dibangun,” tutur Ning.

Read Next