logo

Beasiswa

Mahasiswa UMY Raih Beasiswa Studi Keselamatan Summer School di Portugal

Mahasiswa UMY Raih Beasiswa Studi Keselamatan Summer School di Portugal
Dua mahasiswa Magister Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Zulfan Muhammad Ihza dan Mashuda Abdul Karim, meraih beasiswa Erasmus+ CBHE ASIASAFE untuk mengikuti Summer School sebagai kegiatan Student Mobility di Fakultas Teknik, University of Porto, Portugal selama dua minggu. (EDUWARA/Dok. UMY)
Setyono, Beasiswa26 Mei, 2023 22:00 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Dua mahasiswa Magister Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih beasiswa Erasmus+ CBHE ASIASAFE untuk mengikuti Summer School sebagai kegiatan Student Mobility di Fakultas Teknik, University of Porto, Portugal selama dua minggu.

Dua mahasiswa UMY tersebut adalah Zulfan Muhammad Ihza dan Mashuda Abdul Karim. Keduanya mendapatkan dana dari program ini untuk mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi di Uni Eropa (Swedia, Portugal, Italia) secara bergiliran.

"Saya sendiri selaku dosen penanggung jawab program tersebut secara rutin menghadiri Consortium Workshop untuk melaporkan program kegiatan di perguruan tinggi masing-masing," ungkap Project Manager Erasmus+ ASIASAFE UMY, Noor Mahmudah, Jumat (26/5/2023).

Proyek ASIASAFE merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan, mengadopsi, dan menerapkan kurikulum yang maju dan modern dalam keselamatan lalu lintas jalan menurut standar Keselamatan Lalu Lintas Uni Eropa.

"Karenanya, dibutuhkan persetujuan pihak universitas, fakultas, dan departemen. Setelah persetujuan itu, kemudian kurikulum mulai dikembangkan, termasuk di UMY yang menghadirkan Magister Teknik Sipil UMY konsentrasi Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan," jelasnya.

Salah satu cara untuk mengurangi angka kecelakaan dapat diterapkan dalam bidang pendidikan yaitu dengan meningkatkan mutu pendidikan keselamatan lalu lintas. Program Erasmus+ ASIASAFE hadir menjawab persoalan tersebut.

Keselamatan Lalu Lintas 

Proyek ASIASAFE berfokus pada keselamatan lalu lintas jalan serta masalah kesehatan, sosial, dan ekonomi yang berkembang di dunia. Proyek ASIASAFE ini merupakan Kolaborasi antara Universitas Uni Eropa (Swedia-LIU, Italia-UNITOV, dan Portugal-U-PORTO) dan Universitas Asia (Indonesia-UMY dan UGM, Malaysia-UM dan MUST, serta Vietnam NTTU dan UTC).

UMY sebagai universitas yang terus berupaya meningkatkan kualitas mengutus delegasi menghadiri 8th Consortium Workshop Erasmus+ CBHE ASIASAFE di University of Porto (Universidade Do Porto), Portugal dari tanggal 15-19 Mei 2023 yang dipimpin langsung Rektor UMY Gunawan Budiyanto.

"Di Portugal, kami membahas mengenai road safety system dan pembuatan handbook. Handbook tersebut membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan upaya menurunkan angka kecelakaan transportasi darat dengan melibatkan project officer, project leader, dan project member yang terdiri dari dosen-dosen member ASIASAFE," papar Gunawan Budiyanto.

Di samping mendirikan bidang kajian road safety system, pertemuan itu juga menghasilkan satu handbook yang berhubungan dengan segala macam tentang bagaimana meningkatkan keamanan transportasi.

Gunawan Budiyanto juga mengatakan setiap tahun akan dilakukan kontrol atau pengawasan terhadap program tersebut di masing-masing universitas.

"Nantinya, perwakilan dari negara anggota ASIASAFE akan bertemu kembali untuk melakukan kontrol terhadap pelaksanaan program di masing-masing negaranya. Seperti apa pelaksanaannya dan bagaimana, itu harus kami laporkan. Dari Indonesia sendiri diwakili oleh UMY dan UGM," katanya.

Read Next