logo

Sekolah Kita

Milad ke-4, RSGM Soelastri Ajak Siswa SLB D/D1 YPAC Solo Periksa Gigi dan Mulut

Milad ke-4, RSGM Soelastri Ajak Siswa SLB D/D1 YPAC Solo Periksa Gigi dan Mulut
Pemeriksaan umum, gigi dan mulut bagi siswa SLB D/D1 YPAC Solo oleh RSGM Soelastri, Rabu (11/1/2023). (EDUWARA/K. Setia Widodo)
Redaksi, Sekolah Kita11 Januari, 2023 22:35 WIB

Eduwara.com, SOLO – Sebanyak 130 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) D/D1 Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Solo mengikuti Edukasi serta Pemeriksaan Umum, Gigi dan Mulut, Rabu (11/1/2023). Pemeriksaan tersebut diselenggarakan oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri di aula sekolah setempat.

Humas RSGM Soelastri, Fuad Edo Saputra mengatakan acara tersebut merupakan rangkaian acara Milad ke-4 RSGM Soelastri. Apalagi letak RSGM Soelastri dengan SLB YPAC tidak terlalu jauh.

“Jadi kami rangkul adik-adik berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pemeriksaan gigi dan mulut. Apalagi tidak semua rumah sakit mempunyai fasilitas pemeriksaan gigi dan mulut. Oleh karena itu, menjadi pionir terkait fasilitas tersebut, terlebih kepada anak-anak berkebutuhan khusus,” kata Fuad Edo Saputra kepada Eduwara.com, Rabu (11/1/2023), di sela-sela kegiatan.

Menurut Fuad, pemeriksaan gigi dan mulut sangat penting untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Hal itu karena tidak semua dari anak-anak tersebut bisa mengatakan ketika merasakan sakit gigi. 

Oleh karena itu, melalui pemeriksaan tersebut setidaknya bisa mengetahui kondisi mulut serta gigi anak-anak tersebut. Pun jika ada yang sakit gigi, bisa diberi edukasi terkait penanganannya.

Dalam kegiatan itu, RSGM Soelastri menerjunkan dua dokter gigi dan satu dokter umum. 

“Di sini ada dua agenda, yaitu pemeriksaan gigi mulut untuk anak-anak TK hingga SD serta pemeriksaan umum untuk siswa SMP dan SMA. Tapi juga tidak membatasi kalau siswa SMP-SMA mau membutuhkan pemeriksaan gigi bisa antre,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala SLB D YPAC Solo, Jalaludin Khawarimi menuturkan, kegiatan itu bisa menjadi wahana edukasi bagi siswa dan orang tua sehingga lebih peduli akan kesehatan gigi dan mulut.

“Mau tidak mau, yang namanya anak-anak harus memperhatikan dengan kesehatan gigi karena jika tidak memperhatikan, ketika dewasa bisa jadi sudah copot bahkan rusak,” katanya.

Jalaludin mengaku bersyukur karena pihak RSGM Soelastri memberti fasilitas pemeriksaan gigi dan mulut terutama kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Jalaludin berharap, kegiatan itu bisa terlaksana secara kontinu mengingat kegiatan pemeriksaan gigi mulut baru pertama kali dilaksanakan. (K. Setia Widodo)

Read Next