logo

Kampus

Pandemi Mereda, Kunjungan Studi Ke UIN Sunan Kalijaga Membludak

Pandemi Mereda, Kunjungan Studi Ke UIN Sunan Kalijaga Membludak
Kamis (13/10/2022), sebanyak 137 siswa kelas XI dan XII MA Al Muslimun, Lamongan, Jawa Timur melakukan kunjungan studi ke UIN Suka untuk mengetahui lebih jauh tentang berbagai fakultas dan seluk beluknya. (Eduwara/Setyono )
Setyono, Kampus13 Oktober, 2022 14:15 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta menyatakan tingkat kunjungan studi dari para murid-murid Madrasah Aliyah sederajat membludak usai pandemi Covid-19 mereda.

Pada Kamis (13/10/2022), sebanyak 137 siswa kelas XI dan XII MA Al Muslimun, Lamongan, Jawa Timur melakukan kunjungan studi khusus ke UIN Suka untuk mengetahui lebih jauh tentang berbagai fakultas dan seluk beluknya.

"Kedatangan kami kesini secara khusus adalah mengenalkan kepada anak-anak bahwa setelah tamat dari Madrasah Aliyah itu masih ada dunia pendidikan yang lebih luas dan menantang yang bisa mereka tempuh," kata Hendro Santoso salah satu guru pendamping rombongan.

Dengan mengenal lebih jauh dunia pendidikan, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta yang lebih besar dan maju dibandingkan dengan perguruan tinggi yang ada di Lamongan.

Hendro berharap ini akan memotivasi dan lebih menumbuhkan semangat anak didiknya untuk bisa meraih hasil yang lebih baik dalam proses pembelajaran di sekolah.

"Jadi lewat kunjungan ini pemikiran mereka lebih terbuka. Tidak lagi sekedar berpikir bahwa nanti lulus sekolah kerja dan kerja atau menikah," kata Hendro.

Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas UIN Suka Muhammad Mahyudin mengakui usai pandemic mereda dan perkuliahan tatap muka diijinkan untuk diselenggarakan, tingkat kunjungan siswa untuk mengenal UIN Suka membludak.

"Setiap minggunya kita bisa menerima tiga kali kunjungan dari berbagai sekolah madrasah maupun umum se-Indonesia. Minggu kemarin total siswa yang berkunjung mencapai 650 dari tiga sekolah," jelasnya saat ditemui di gedung Teatrikal Fakultas Syariah dan Hukum.

Mahyudin menerangkan rata-rata setiap bulan, jumlah kunjungan siswa ke UIN Suka mencapai angka 2.500 siswa. Mereka biasanya akan diarahkan ke berbagai fakultas berbeda untuk mendapatkan penjelasan mengenai UIN Suka.

Agar lebih menarik perhatian, paparan yang disajikan kepada para siswa yang melakukan kunjungan studi ini dipandu oleh rekan-rekan tim humas yang masih muda. Dengan harapan agar penyampaian bisa mudah diterima dan lebih nyambung.

"Proses pendaftaran mudah dan setiap surat yang masuk akan kami proses. Kami melihat semakin meningkatnya jumlah kunjungan akan semakin memperluas penyebaran nama UIN Suka ke banyak wilayah," tutupnya. 

Read Next