logo

Kampus

Pendaftaran UM-PTKIN Dibuka, UIN Suka Sediakan 1.364 Kursi

Pendaftaran UM-PTKIN Dibuka, UIN Suka Sediakan 1.364 Kursi
Pendaftaran UM-PTKIN Dibuka, UIN Suka Sediakan 1.364 Kursi (Eduwara/Setyono)
Setyono, Kampus10 April, 2023 13:18 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Senin (10/4/2023) resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru membuka jalur Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pendaftaran resmi akan dibuka pukul 16.00 WIB dan berakhir pada 15 Mei 2023.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta lewat jalur ini menyediakan sebanyak 1.364 kursi yang bisa diperebutkan di enam fakultas dan 25 prodi keagamaan.

Dilansir dari laman Kemenag, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Nasional PTKIN, Imam Taufiq menyatakan penjaringan lewat jalur UM-PTKIN. Seluruh UIN, IAIN dan STAIN harus menyediakan minimal 40 persen dari seluruh mahasiswa baru yang akan diterima pada 2023.

"Berbeda dengan tahun lalu yang menerapkan ujian daring dari rumah masing-masing, tahun ini kami akan laksanakan secara online-onsite. Peserta hadir ke lokasi ujian yaitu perguruan tinggi yang dipilih, mengerjakan soal lewat sistem tes berbasis komputer (CBT) dan diawasi langsung para pengawas," jelas Imam.

Staf Ahli Menteri Agama Bidang Hukum dan HAM, Abu Rokhmad mengingatkan tes yang diujikan dalam UM-PTKIN selain selain potensi akademik, juga memperhatikan aspek moderasi beragama.

Hal ini menurutnya karena PTKIN adalah penghasil para sarjana yang berperan dalam transmisi nilai moderasi beragama sesuai dengan nilai yang dianut Kemenag

"UM-PTKIN adalah pintu masuk PTKIN mendapatkan calon-calon mahasiswa berkompeten dan sesuai dengan nilai-nilai di Kemenag. Ujian harus dilakukan secara akurat dan berkualitas agar dapat menghadirkan mahasiswa berkualitas di kampus," jelasnya.

Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai rapor dan portofolio, proses seleksi pada jalur UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diikuti oleh siswa kelas 12 di tahun 2023 maupun lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren Muadalah/Sederajat tahun 2021 dan 2022.

Sebelum sebelum ujian SSE pada 29 Mei-8 Juni, peserta akan mengikuti uji coba SSE terlebih dahulu di 22-27 Mei 2023. Pada tahapan uji coba, peserta ujian akan melaksanakan simulasi guna memastikan agar pada saat ujian nanti berjalan dengan lancar.

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Aulia Faqih Rifa'I mengatakan dalam UM-PTKIN tahun ini pihaknya menyediakan sebanyak 1.364 kuota untuk 25 prodi keagamaan.

"Materi ujian UM-PTKIN 2023 tidak ada lagi kelompok ujian Saintek maupun Soshum. Namun, peserta diberikan materi ujian yang terdiri dari potensi kognitif, literasi matematika, literasi membaca, dan literasi keIslaman," ujarnya.

Aulia menyatakan enam fakultas yang disediakan untuk calon mahasiswa baru UIN Suka tahun ini yaitu Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dengan dua prodi yang menyediakan sebanyak 120 kursi.

Kemudian ada Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan empat prodinya sebanyak 179 kursi, Fakultas Syariah dan Hukum lima prodi dengan 275 kursi,  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan terdapat lima prodi menerima sebanyak 255 mahasiswa baru.

Di urutan kelima ada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam yang memiliki lima prodi, di mana tahun menerima 215 dan terakhir adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan empat prodinya dengan kuota 320 mahasiswa.

 

Read Next