logo

Kampus

Pendaftaran UTBK Dibuka, ITS Siapkan Kuota 1.644 Kursi

Pendaftaran UTBK Dibuka, ITS Siapkan Kuota 1.644 Kursi
Kampus ITS (ITS)
Bunga NurSY, Kampus24 Maret, 2022 12:40 WIB

Eduwara.com, SURABAYA—Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah menyiapkan sebanyak 1.644 kursi untuk mahasiswa baru dari jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) -Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran UTBK telah dibuka pada Rabu (23/03/2022) dan berakhir bulan depan tepatnya Jumat (15/04/2022).

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah mengatakan, ITS siap mengeksekusi pelaksanaan SBMPTN tahun ini. 

“Persiapan ITS menjelang UTBK-SBMPTN 2022 jauh lebih matang apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tegasnya seperti dikutip dari situs resmi ITS, Rabu (23/03/2022).

Terkait kuota penerimaan pada SBMPTN 2022, perempuan berusia 48 tahun itu dengan rinci membeberkan bahwa ITS menarget 15.000 pendaftar dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 1.644 orang. 

Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah mahasiswa yang diterima berkurang disebabkan karena penerimaan mahasiswa baru program studi sarjana terapan tidak lagi dikelola oleh LTMPT.

Meskipun demikian, Machmudah berkata bahwa secara umum akan terdapat kenaikan kuota sebesar 120 orang untuk program studi sarjana. 

Bila berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, Machmudah juga berujar bahwa peminat terbanyak biasanya berasal dari Departemen Teknik Informatika. “Namun, karena pendaftaran baru saja dibuka, kami belum tahu keketatan antardepartemen yang dimiliki tahun ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dosen Departemen Teknik Kimia ini menyampaikan bahwa ITS telah melakukan serangkaian persiapan berupa melengkapi sarana dan prasarana terkait teknis pelaksanaan UTBK, pembekalan penanggung jawab lokasi, persiapan pengawas, serta memperketat protokol kesehatan.

Dia menuturkan bahwa dalam menyiagakan skema UTBK-SBMPTN 2022, pendataan laboratorium komputer di lingkungan ITS sebagai lokasi tes rampung dilakukan. Sebanyak 655 unit komputer yang akan digunakan untuk UTBK sudah disiapkan oleh ITS dan koordinasi bersama panitia pelaksana UTBK SBMPTN 2022 juga telah terselenggara sebelumnya.

Guna menarik minat calon mahasiswa baru untuk bergabung bersama ITS, Machmudah mengutarakan bahwa ITS telah melakukan berbagai upaya sebelum perhelatan UTBK-SBMPTN dimulai. 

“ITS sudah melakukan promosi melalui media sosial serta mengadakan webinar untuk memperkenalkan ITS, selain itu kami juga mengikuti pameran-pameran pendidikan untuk menjaring calon mahasiswa baru,” ungkap Machmudah.

Sebagai informasi, LTMPT melalui akun Instagram resminya @ltmptofficial telah mengingatkan dan menginformasikan kepada seluruh mahasiswa bahwa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 akan resmi dilaksanakan pada 23 Maret 2022 sampai 15 April 2022. LTMPT pun meminta kepada seluruh calon pendaftar UTBK-SBMPTN untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam tahapan pendaftaran ini

Read Next