logo

Kampus

Prosesi Wisuda 162 Sarjana Menandai Kampus Baru UWMY Resmi Beroperasi

Prosesi Wisuda 162 Sarjana Menandai Kampus Baru UWMY Resmi Beroperasi
Pelaksanaan wisuda bagi 162 mahasiswa UWMY pada Sabtu (3/9/2022) menandai beroperasinya secara resmi Gedung Terpadu yang baru di Sleman untuk kegiatan akademik. (EDUWARA/Setyono)
Redaksi, Kampus03 September, 2022 21:53 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Rektorat Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) resmi mengoperasikan Gedung Terpadu yang baru selesai dibangun dengan pelaksanaan wisuda bagi 162 mahasiswa, Sabtu (3/9/2022).

Beralamat di Jalan Tatabumi Selatan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Kampus Terpadu UWMY ini siap digunakan untuk kegiatan akademik dan pelayanan pendidikan lainnya.

"Wisuda periode ke-61 ini menjadi momentum bersejarah untuk UWM. Bertepatan usia ke-40, UWM bisa memiliki kampus baru dan mewisuda sebanyak 162 mahasiswa untuk pertama kalinya di Pendapa Agung ini," kata Rektor UWMY Edy Suandi Hamid.

Sebagai upacara wisuda pertama yang digelar di Kampus Terpasu, Edy meminta hal ini menjadi momentum bersama menyongsong harapan-harapan baru, nilai-nilai baik yang sudah ada dari kampus lama serta mewujudkan perubahan-perubahan yang lebih baik di kampus baru.

Ia juga mengingatkan lulusan UWMY agar bisa menyinergikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama kuliah dengan problem-problem sosial dalam masyarakat. Keberhasilan sinergi ini adalah langkah besar dalam melengkapi ilmu pengetahuan sudah diperoleh.

"Ini juga sebagai upaya mengaplikasikan kemampuan diri dengan cara bersinergi-kolaborasi dalam team melalui komunikasi yang baik, dan membiasakan diri berpikir kritis, logis, rasional, dan menjadi problem solver bagi persoalan di tengah masyarakat," paparnya.

Sebagai lulusan perguruan tinggi, Edy meminta anak didiknya tidak berhenti dalam menggagas ide-ide baru saat berada di tengah masyarakat. Terus menumbuhkan sikap kreatif-inovatif, bahkan melahirkan ide-pemikiran berisiko sekalipun dengan tetap memperhitungkan secara matang haruslah dipegang.

"Menumbuhkan kecerdasan emosi sehingga lahir empati yang memiliki kepedulian pada manusia dan kemanusiaan, itu menandakan sukses intelektual," tegas Edy.

Ke-162 sarjana yang hari ini diwisuda terdiri dari 20 orang lulus Prodi Manajemen, 16 orang Prodi Akuntansi, 1 orang Prodi Kewirausahaan, 80 orang Prodi Hukum, 15 orang Prodi Administrasi Publik, 2 orang Prodi Sosiologi, 8 orang Prodi Arsitektur, 16 orang Prodi Teknik Industri, dan 4 orang lulus Prodi Teknologi Pangan.

Mulai dibangun sejak September 2021, Gedung Terpadu UWMY ini memiliki luas lahan 26.209 m2. Pembangunan tahap pertama, yang sudah selesai, memanfaatkan lahan 15.000 m2 untuk Gedung Rektorat tiga lantai seluas 2.520 m2 dan memiliki 24 ruangan. Kemudian ada pendapa seluas 32 x 33 m2 dan taman seluas 5000 m2. Saat perkuliahan aktif, ruang-ruang kelas di lantai 3 Gedung Rektorat menjadi tempat kuliah mahasiswa. 

Sementara pada pembangunan tahap kedua, akan dibangun gedung perkuliahan 4 unit beserta fasilitas kampus, yaitu Sporthall dan Amphitheater, dan Religious Center.

Momentum lainnya adalah prestasi pengembangan akademik. Fakultas Hukum, satu dari empat fakultas di universitas ini, membuka kuliah Magister Hukum, dengan konsentrasi Hukum Bisnis Pariwisata, Hukum Kepolisian dan Advokat, serta Hukum Keistimewaan DIY.

Read Next