logo

Sekolah Kita

Puspresnas Kembangkan Sistem Informasi Terpadu Manajemen Talenta

Puspresnas Kembangkan Sistem Informasi Terpadu Manajemen Talenta
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan sistem informasi terpadu manajemen talenta sebagai basis data siswa berprestasi. Sistem tersebut dikelola oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertajuk Dasbor Prestasi Talenta, dan wadah bincang-bincang edukasi talenta dalam platform podcast, yaitu Siniar Talenta Berprestasi. (Kemendikbudristek)
Bunga NurSY, Sekolah Kita31 Desember, 2021 07:59 WIB

Eduwara.com, JAKARTA— Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan sistem informasi terpadu manajemen talenta sebagai basis data siswa berprestasi.

Sistem tersebut dikelola oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertajuk Dasbor Prestasi Talenta, dan wadah bincang-bincang edukasi talenta dalam platform podcast, yaitu Siniar Talenta Berprestasi. 

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas) Asep Sukmayadi menguraikan bahwa dasbor ini dibuat untuk talent pool siswa berprestasi nasional.

“Lewat dasbor ini, kita akan mengelola basis data persediaan talenta anak bangsa (talent pool) sekaligus meningkatkan keahlian, karier, dan prestasi para talenta. Kami juga ingin menciptakan lingkungan berprestasi yang kondusif bagi para talenta untuk mengembangkan potensinya,” ucap Asep, dikutip dari siaran pers Kemendikbudristek, Kamis (30/12/2021). 

Peluncuran digelar pada acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia bertema Prestasiku, Inspirasimu, untuk Negeriku di Jakarta, Senin hingga Kamis, 27 hingga 30 Desember 2021.

Diuraikan Asep, Dasbor Prestasi Talenta menyajikan peta talenta 34 provinsi di Indonesia serta profil prestasi para peserta didik. Dasbor ini mendukung analisis dan pemetaan prestasi nasional dan daerah. 

“Puspresnas akan terus mengembangkan dasbor agar terus dapat menghasilkan data yang komprehensif untuk pembinaan, karier talenta, akuisisi talenta, dan alumni talenta,” terang Asep.

Aplikasi ini rencananya akan terintegrasi dengan platform Digital CV Talenta dan Talent Pool Puspresnas. Dalam Dasbor Prestasi Talenta, terdapat menu Talenta Berpestasi, Satuan Pendidikan, Penerima Beasiswa, Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Prestasi, dan Capaian Internasional, sekaligus menu pemeringkatan provinsinya.

Asep mengakui, dasbor yang dapat diakses lewat tautan pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id ini merupakan tanggapan Kemendikbudristek akan arus globalisasi yang begitu cepat serta disrupsi teknologi yang terus bergerak. 

“Ini tantangan baru buat kita. Kita harus terus beradaptasi terhadap perubahan sekaligus tidak kehilangan jati diri bangsa, dan ini membutuhkan kontribusi cerdas para talenta-talenta terbaik negeri,” terangnya.

Asep menambahkan, Puspresnas terus berkomitmen menyingkap atau memberi exposure dan memperkenalkan para talenta terbaik negeri ini, sekaligus mendokumentasikan kehadiran talenta dalam suatu wadah basis data yang akan kita kelola untuk mengembangkan prestasi talenta sekaligus menginspirasi peserta didik lainnya.

Siniar (podcast) Talenta Berprestasi yang juga diluncurkan dalam kesempatan ini dibuat untuk meraih perhatian peserta didik. Program ini, kata Asep, menjadi tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk menginspirasi dan meningkatkan prestasi peserta didik. “Dan harapannya, juga dapat menjadi tempat berlatih mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas,” jelas Asep.

Manajemen Talenta Nasional merupakan salah satu amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. 

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek Jumeri yang hadir secara virtual mengungkapkan rasa terima kasihnya pada para guru dan orang tua yang tak kenal lelah mendampingi putra-putrinya dalam berprestasi.

“Mari, kita terus tingkatkan sinergi dan gotong-royong memajukan talenta Indonesia,” tutur Dirjen Jumeri. Oleh karena itu, sejumlah orang tua, mitra, dan pembina juga diberikan apresiasi secara simbolis atas bimbingan dan komitmennya mendampingi peserta didik dalam meraih prestasi. 

 

Read Next