logo

Kampus

Simak! Ini Ketentuan dan Jadwal Seleksi Masuk Kampus Islam Negeri 2023

Simak! Ini Ketentuan dan Jadwal Seleksi Masuk Kampus Islam Negeri 2023
Selain Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), jalur lain masuk perguruan tinggi ialah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Jalur tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). (Istimewa)
Redaksi, Kampus17 Januari, 2023 15:58 WIB

Eduwara.com, SOLO – Selain Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), jalur lain masuk perguruan tinggi ialah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Jalur tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Seperti namanya, seleksi tersebut diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh studi di PTKIN seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) atau PTN dengan program studi keagamaan di Indonesia yang dilakukan secara nasional. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi

Melansir situs resminya, SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Adapun yang berhak mengikuti seleksi tersebut adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Kepala satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing-masing.

Lebih lanjut, SPAN PTKIN diperuntukkan bagi siswa kelas terakhir pada tahun 2023. Kemudian memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

Selain itu, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan memiliki nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Siswa diperbolehkan memilih dua PTKIN yang diminati. Siswa pelamar memilih dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Adapun jadwal SPAN PTKIN 2023 sebagai berikut:

1. Pengisian PDSS: 20 Januari - 13 Februari 2023
2. Verifikasi PDSS: 20 Januari - 13 Februari 2023
3. Pendaftaran oleh siswa: 20 Februari - 10 Maret 2023
4. Pengumuman Hasil Seleksi: 03 April 2023
5. Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi: ditetapkan di masing-masing PTKIN. (K. Setia Widodo)

Tags:kampus

Read Next