logo

Kampus

UI CISE Virtual Expo 2022 Diserbu Pencari Kerja

UI CISE Virtual Expo 2022 Diserbu Pencari Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam webinar pembukaan UI CISE Virtual Expo 2022, Selasa (22/3/2022). (EDUWARA/Bhakti)
Bhakti Hariani, Kampus22 Maret, 2022 21:15 WIB

Eduwara.com, DEPOK - Masa pandemi tak mengurangi upaya Universitas Indonesia (UI) dalam memfasilitasi para mahasiswanya dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Tahun 2022 ini UI kembali menggelar UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Virtual Expo 2022.

Ketua Panitia Penyelenggara UI CISE Virtual Expo 2022 Sandra Fikawati mengatakan, jumlah peserta ekspo kali ini terdiri dari 51 perusahaan nasional dan multinasional yang membuka program rekrutmen dan internship, 12 lembaga/universitas pemberi beasiswa (scholarship) dalam maupun luar negeri, 19 entrepreneurship, 33 media partner, 28 mitra perguruan tinggi, dan 66 sesi webinar. 

“UI CISE Virtual Expo merupakan job fair yang tetap dilaksanakan di masa pandemi meski secara virtual, untuk tetap dapat menghubungkan para alumni UI dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja,” ujar Fika dalam webinar Pembukaan UI CISE Virtual Expo 2022, Selasa (22/3/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang hadir dalam webinar pembukaan UI CISE Virtual Expo 2022 menuturkan, pandemi dan perubahan tatanan ekonomi mengakibatkan skill set harus disesuaikan. 

Sandi berbagi pengalamannya menekuni bidang entrepreneurship, “Bahwa entrepreneurship is not a profession, but entrepreneurship is a mindset. Jadi entrepreneurship adalah pola pikir yang terdiri dari kerja keras, sikap hidup optimis, kreatif, inovatif, serta kepemimpinan,” papar Sandi.

Lebih lanjut diungkap Sandi, diperlukan persiapan untuk menjadi entrepreneur sukses. Yakni mempersiapkan niat, belajar dari kesuksesan dan juga kegagalan orang lain, proaktif, berani mengambil risiko, serta berwawasan global namun selalu memperhatikan berkearifan lokal.

“Harapan kami, kegiatan ini menambah dukungan kepada generasi muda dalam menyiapkan diri mengambil peluang dan menjadi pemenang,” ujar Sandi.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan bahwa pelaksanaan UI CISE Virtual Expo bertujuan untuk mempertemukan dunia pendidikan dengan dunia kerja dan industri, memfasilitasi mahasiswa dan lulusan untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan, informasi beasiswa, serta menjembatani kesempatan magang bagi para mahasiswa. 

“Hal ini selaras dengan kebijakan Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI,” ungkap Ari.

UI juga melakukan softlaunch UI Employer Forum. Dikatakan Ari, ini merupakan sebuah inovasi dari UI untuk mendukung hilirisasi industri di masa depan, yang mampu menjadikan Indonesia sebagai negara industri yang maju dan kompeten serta mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia.

Kegiatan UI CISE Virtual Expo ini berlangsung pada 22-29 Maret 2022. Mendapat dukungan dari Job2go, ILUNI UI, dan Reuni Perak FEUI 97. Tak hanya itu, jobfair ini juga mendapat sponsor dari PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Danamon, PT Paragon Technology and Innovation, PT Pegadaian, PT Telkom, Bank BTN, dan Bank BNI. 

Read Next