logo

Kampus

UMM Gelar Olimpiade Matematika Nasional

UMM Gelar Olimpiade Matematika Nasional
Suasana Olimpiade Matematika Nasional di Malang ((EDUWARA/Fathul Muin))
Fathul Muin, Kampus16 November, 2021 20:46 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Matriks Mathematics Olympiad (MMO) dan Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS) untuk menumbuhkan kecintaan siswa dan mahasiswa terhadap matematika.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMM, Moh Mahfud Effendy,  mengatakan Matriks Mathematics Olympiad ditujukan untuk siswa SMP sederajat dan SMA sederajat, sedangkan Lomba Esai Matematika Nasional diselenggarakan bagi para mahasiswa. Kedua lomba ini dilaksanakan di Kampus III UMM, Sabtu (13/11/2021).

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan kecintaan pada matematika," ucapnya, Selasa (16/11/2021).

Dia menilai, ada penurunan minat siswa dan mahasiswa terhadap matematika sehingga muncul kekhawatiran mengenai regenerasi pecinta matematika.

Selain itu, kegiatan tersebut juga memuat berbagai edukasi matematika. Para peserta diberikan gambar tentang matematika dengan stigma berbeda yang menyertainya. Tidak hanya di kalangan akademisi tapi juga stigma di masyarakat yang memandang bahwa matematika itu kaku dan tidak fleksibel.

"Harapannya, ada silaturahmi dan edukasi sehingga para peserta dapat menyebarkan virus cinta matematika kepada teman-temannya. Jadi prinsipnya, ini adalah bentuk komitmen kami dalam upaya melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul di bidang matematika," ungkapnya.

Prodi Pendidikan Matematika tidak hanya memberikan hadiah berupa sertifikat dan uang pembinaan saja, namun  juga memberikan free pass prodi Pendidikan Matematika UMM bagi mereka yang juara.

Menurut Mahfud, pemberian hadiah tersebut bentuk apresiasi dan wadah bagi talenta para peserta.

"Jangan sampai mereka-mereka ini tidak dapat melanjutkan pendidikan karena ada kendala teknis," ujarnya.

Prodi Pendidikan Matematika  berupaya sebaik mungkin agar mahasiswa bisa studi tepat waktu dengan keterampilan yang luas. Apalagi ditunjang dengan program-program unggulan seperti Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS), Asistensi Magang Skripsi dan KKN (ASIK Plus), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ketua Pelaksana, Laisanti Ayu Febriani, mengatakan antusiasme para peserta terlihat tinggi. Ada 77 peserta tingkat SMP sederajat dan 81 peserta tingkat SMA sederajat.

"Alhamdulillah para peserta sangat antusias. Total ada 158 peserta untuk Matriks Mathematics Olympiad yang dilaksanakan pada tahun ini," ungkapnya.

Olimpiade ini, kata dia, terbagi dalam tiga babak. Dimulai dengan babak penyisihan, semifinal, dan kemudian final. Babak penyisihan dilaksanakan pada 10 Oktober 2021, sementara babak semifinal dan final dilaksanakan 13 November 2021.

Sementara itu, lomba esai terbagi dalam dua tahap, diawali dengan tahap seleksi, kemudian tahap final yang juga digelar pada 13 November 2021.

Read Next