logo

Kampus

UMY Bersiap Gelar Dua Konferensi Internasional Tahun Ini

UMY Bersiap Gelar Dua Konferensi Internasional Tahun Ini
UMY Bersiap Gelar Dua Konferensi Internasional Tahun Ini (Eduwara/Setyono)
Setyono, Kampus24 Januari, 2022 16:40 WIB

Eduwara.com, JOGJA –Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ini bersiap menggelar dua konferensi internasional yakni International Conference on Sustainable Innovation (ICoSI) dan UMY Undergraduate Conference (UMYGrace).

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan kehadiran konferensi internasional tidak hanya melahirkan publikasi ilmiah, tapi juga menjadi solusi permasalahan di tengah masyarakat dan menjadi upaya terlibat dalam proses perkembangan dunia yang semakin cepat.

"Elaborasi penemuan ilmiah dalam level internasional bukan saja outcomenya adalah publikasi internasional tetapi juga perumusan sejauh mana para cendekiawan dapat memberikan jawaban atau solusi permasalahan yang ada di tengah masyarakat," katanya di sela-sela peluncuran dua agenda internasional tersebut pada Senin (24/01/2022).

Dari konferensi ini diharapkan networking, baik dalam bentuk transaksi ilmiah, maupun sosial kebudayaan dapat mempercepat generasi muda selalu terlibat dalam proses perkembangan dunia. 

Tahun ini konferensi internasional yang terbuka untuk umum, ICoSI merupakan penyelenggaraan dilakukan virtual pada 20-21 Juli 2022. Tema yang diangkat adalah Optimizing Global Benefits for Future Wellbening.

Ketua Pelaksana 6th ICoSI 2022 Zuhud Rozaki, menyampaikan akan terdapat 13 forum pada konferensi internasional tahunan ini yang terdiri dari beberapa multidisiplin ilmu.

"2022 merupakan tahun ketiga ICoSI dengan konsep virtual dan 13 forum konferensi akan dihadirkan. Harapannya acara kami dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY Sukamta kehadiran ICoSI maupun UMYGrace yang ketiga dapat menjadi platform bagi peneliti, industri, dan pemerintah bertemu untuk berbagi ide dan aspirasi masa depan.

"Tema yang dipilih bahwa konferensi ini menjadi tempat menampilkan karya-karya ilmiah dari seluruh dunia. Tidak hanya dari peneliti, dosen, pegawai pemerintah, mahasiswa dan semua pihak yang berkepentingan. Sehingga penelitian dan inovasi yang dibuat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat global," jelas Sukamta.

Bertajuk Strengtening Youth Potential for Sustainable Innovation, UMYGrace akan digelar 10 Agustus 2022. UMY Grace ditujukan khusus untuk mengembangkan potensi pemuda di seluruh dunia dalam pengembangan inovasi lanjutan.

Berbagai makalah yang ditampilkan konferensi ICoSI dan UMYGrace 2022, akan diterbitkan dalam jurnal terindeks Scopus, Prosing Web of Sciences, Jurnal Terakreditasi Nasional, dan Prosiding ISSN.

Read Next