logo

Vokasi

Ice Cream Ubi Ungu Karya Mahasiswa UNY, Kudapan Banyak Serat

Ice Cream Ubi Ungu Karya Mahasiswa UNY, Kudapan Banyak Serat
Ice cream ubi ungu karya mahasiswa KKN Vokasi UNY disuka anak-anak. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi02 Mei, 2023 22:05 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Kelompok KKN Vokasi Univeritas Negeri Yogyakarta (UNY) mengkreasikan ubi ungu yang memiliki banyak serat sebagai bahan baku utama ice cream

Berlokasi di Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, olahan ubi ungu menjadi es krim ini disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ketua kelompok Lutfi Shofia Ningrum, Senin (1/5/2023), menjelaskan ubi ungu mengandung serat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

"Selama ini olahan ubi ungu lebih banyak dengan cara direbus. Namun tidak semua es krim aman dikonsumsi karena adanya penyalahgunaan pembuatan es krim dengan bahan-bahan yang berbahaya," kata Lutfi.

Dari hal tersebut, maka perlu ada inovasi produk untuk es krim. Salah satunya dengan menggunakan bahan utama yang tentu aman dikonsumsi dan sehat untuk tubuh seperti pada pemilihan bahan ubi ungu.

'Kandungan gizi ubi ungu terdiri atas kalori 87 kal, protein 2 gram, karbohidrat 20 gram, serat 3,3 gram, lemak kurang dari 1 gram, tembaga 21 persen dari kebutuhan harian, potasium 8 persen dari kebutuhan harian, vitamin B6 18 persen dari kebutuhan harian, vitamin C 14 persen dari kebutuhan harian," paparnya.

Ubi ungu mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Selain itu ubi ungu kaya serat dan rendah natrium.

Penanggungjawab kegiatan Marsya Syafiqoh mengatakan latar belakang pemilihan es krim ubi ungu ini karena ingin menginovasikan produk es krim dengan sayuran yaitu ubi ungu.

"Selain itu karena ingin mengenalkan kepada anak-anak tentang jenis tanaman ubi ungu dan cara-cara pemanfaatannya pada olahan makanan," kata Marsya.

Dalam hal makanan, ubi ungu dapat dimanfaatkan untuk berbagai makanan ringan, di antaranya untuk keripik ubi ungu, bubur ubi ungu untuk balita, cake ubi ungu, mie ubi ungu, bola ubi ungu, klepon ubi ungu dan sebagainya.

Dari segi rasa, produk terasa perpaduan susu dan ubi ungu dengan tekstur lembut dan creamy. Hampir mirip dengan es krim pada umumnya, namun yang membedakan terasa sedikit tekstur halus dari serat ubi.

Warna produk menarik karena berwarna ungu dan disajikan menggunakan topping sprinkle warna-warni dan beraroma khas ubi ungu.

Read Next