logo

Kampus

Ingin Ikut Seleksi Masuk PTN? Lakukan Regristrasi Akun LTMPT

Ingin Ikut Seleksi Masuk PTN? Lakukan Regristrasi Akun LTMPT
Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari (kiri) dan moderator, Ismaini Zain (kanan) di acara Sosialisasi Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Senin (10/1/2022). (Eduwara.com/Dok. Istimewa Youtube LTMPT Official)
Redaksi, Kampus10 Januari, 2022 21:56 WIB

Eduwara.com, JAKARTA–Siswa Kelas XII SMA/MA/SMK sederajat harus memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Untuk menginformasikan hal itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melaksanakan Sosialisasi Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022, Senin (10/1/2022) secara daring.

“Bagi siswa yang ingin ikut seleksi perguruan tinggi negeri harus membuat akun LTMPT. Akun ini akan berguna untuk seleksi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Siswa dipersilahkan membuat akun LTMPT dimulai tanggal 10 Januari pukul 15.00 WIB,” kata Ketua LTMPT 2022, Mochamad Ashari.

Ashari menyarankan agar siswa benar-benar menyiapkan segala administrasi terkait pendaftaran akun. Kemudian menyarankan mengunduh tata cara pendaftaran dan dibaca terlebih dahulu. Selain itu juga disarankan tidak mendaftarkan diri di akhir-akhir pendaftaran yaitu 15 Februari 2022.

“Adik-adik dipersilahkan untuk memulai mendaftar di awal atau pertengahan. Sehingga jika ada kesulitan maupun data yang kurang masih punya waktu untuk mengoreksi sampai akun benar-benar jadi,” tambah dia.

Regristrasi Akun

Selama tiga tahun terakhir LTMPT menggunakan sistem Single Sign On (SSO) dalam pembuatan akun. Menurut keterangan Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, kebijakan ini memberi kemudahan kepada masyarakat dan meyakinkan perguruan tinggi bahwa siswa yang mendaftar benar-benar berhak mengikuti seleksi.

Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto menerangkan jalur dan kuota masuk perguruan tinggi pada acara Sosialisasi Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Senin (10/1/2022). (Eduwara.com/Dok. Istimewa Youtube LTMPT Official)

 

“Sekolah sudah mulai dibuka registrasi akun sejak tanggal 4 Januari lalu. Registrasi bagi sekolah sifatnya tidak wajib bagi yang sudah punya akun, sehingga bisa menggunakan akun yang terdahulu. Siswa yang eligible SNMPTN 2022 maupun tidak, dipersilahkan membuat akun. Khusus yang lulusan tahun 2020 dan 2021, akun LTMPT baru bisa dibuat tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022. Hal ini bersifat wajib sehingga yang sudah memiliki akun tahun sebelumnya sudah tidak berlaku,” kata dia.

Budi Prasetyo mengingatkan siswa kelas XII untuk membuat akun LTMPT. Jika lupa akan berimbas pada keikutsertaan dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri khususnya SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Dia menambahkan beberapa perguruan tinggi pun dalam seleksi mandiri ada yang menggunakan nilai UTBK.

Terkait dengan registrasi akun, menurut Koordinator Bidang Teknologi dan Sistem Informasi LTMPT, Arif Djunaidy, ada tiga tahapan utama yaitu siswa melakukan registrasi menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Kemudian aktivasi akun menggunakan e-mail dan verifikasi dan validasi data.

“Dokumen yang harus dipersiapkan saat registrasi dan verifikasi akun yaitu NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang valid sesuai dengan yang terdaftar di Dapodik. Kemudian e-mail aktif yang dimiliki dan biasa digunakan siswa, file pasfoto sesuai ketentuan, dan KTP atau KK," kata dia. (K. Setia Widodo)

 

Editor: Riyanta

Read Next