logo

Kampus

Jawab Kebutuhan Analitik Data, Prodi Statistika UNS Solo Luncurkan SMartDatA

Jawab Kebutuhan Analitik Data, Prodi Statistika UNS Solo Luncurkan SMartDatA
Peluncuran SMartDatA oleh Prodi Statistika FMIPA UNS Solo, Kamis (22/12/2022). (EDUWARA/Humas UNS Solo)
Redaksi, Kampus25 Desember, 2022 00:36 WIB

Eduwara.com, SOLO – Menjawab kebutuhan akan pentingnya analitika data dalam pengambilan keputusan dan perencanaan bisnis yang tepat, Program Studi (Prodi) Statistika Falultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membentuk unit layanan Sebelas Maret Data Analytics Center (SMartDatA), Kamis (22/12/2022) di Ruang Aula Gedung C FMIPA UNS.

Dekan FMIPA UNS Solo, Harjana dalam sambutannya menyampaikan peluncuran SMartDatA dapat menjadi embrio pusat unggulan UNS, khususnya Prodi Statistika.

“Kami berharap semoga SMartDatA bisa menjadi embrio pusat unggulan universitas khususnya Prodi Statistika, karena bisa memberikan solusi tepat untuk menjawab permasalahan data analitik,” kata Harjana seperti dilansir Eduwara.com, Sabtu (24/12/2022), dari laman UNS Solo.

Harjana melanjutkan, kemunculan Big Data merupakan faktor utama meningkatnya minat terhadap profesi di lingkup data science, seperti data scientist, data analyst, dan data engineer. 

"Saat ini hampir seluruh perusahaan tengah memberikan perhatian lebih kepada data-data yang mereka miliki," tambah dia.

Terlebih lagi, Smart Data sudah sangat populer di samping Big Data. Smart Data adalah bagian dari Big Data yang sudah disaring untuk siap digunakan oleh kalangan pengguna baik akademisi maupun praktisi seperti halnya kalangan industri.

Dengan memanfaatkan data melalui olahan dan analisisnya, sambung Harjana, perusahaan bisa mendapatkan informasi penting yang berguna bagi kemajuan bisnis perusahaan. Statistika dan data science menjadi fondasi dalam pengambilan keputusan, perencanaan bisnis, dan pengembangan sektor ekonomi, kesehatan, dan lainnya.

Sementara itu, Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan, Sutanto berharap agar usaha, ide, dan inovasi bisnis konsultan terkait dengan Smart Data bisa sukses dan lancar serta gemilang pada masa yang akan datang.

"SmartDatA memiliki konsultan handal yang dapat memberikan solusi tepat untuk menjawab permasalahan data analitik, mulai dari analisis deskriptif hingga preskriptif, sehingga diperoleh hasil yang baik dan akurat. SMartDatA juga menyediakan layanan pelatihan data science dan computer vision," beber dia.

Computer vision, lanjut Sutanto, merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan komputer untuk melihat dan mengenali objek yang ada di sekitarnya layaknya manusia.

"Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, computer vision menjadi salah satu teknologi baru yang dimanfaatkan untuk dikombinasikan dengan data science dengan bantuan deep learning," pungkas dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next