logo

Vokasi

Kemenag Fokuskan Pemanfaatan SBSN 2023 untuk Penguatan Vokasi

Kemenag Fokuskan Pemanfaatan SBSN 2023 untuk Penguatan Vokasi
Kemenag Fokuskan Pemanfaatan SBSN 2023 untuk Penguatan Vokasi (Kemenag)
Bunga NurSY, Vokasi02 Februari, 2022 13:06 WIB

Eduwara.com, BALIKPAPAN—Kementerian Agama akan memfokuskan pembangunan sarana prasarana pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)  2023 akan difokuskan untuk penguatan pendidikan vokasi. 

Hal itu diungkapkan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kemenag Amin Suyitno dalam Rapat Koordinasi Bidang Kemahasiswaan di Balikpapan-Kalimantan Timur, Selasa (01/02/2022).

Dia mengatakan dalam pemanfaatan dana SBSN itu untuk pendidikan vokasi tahun depan, ada tiga hal yang menjadi prioritas, yaitu pembangunan laboratorium, gedung perpustakaan, dan bengkel kerja atau workshop.

“Jadi kalau kampus PTKIN mengusulkan untuk ruang kuliah, maka tidak termasuk prioritas utama terkecuali memang benar-benar darurat,” katanya seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (02/02/2021).

Fokus prioritas ini, lanjut Suyitno, sudah sejalan dengan program Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian (DJPPR) Kementerian Keuangan RI. 

“Salah satu tujuan dari ketiga fokus tersebut, di antaranya adalah menyiapkan program studi vokasi yang diinisiasi oleh Kemenag RI,” terang Guru Besar UIN Raden Fatah-Palembang ini.

Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Kemenag Sidik Sidiyanto menambahkan, bahwa saat ini pihaknya telah menyeleleksi 21 PTKIN dari puluhan proposal yang masuk untuk pengajuan SBSN 2023.

“Kedua puluh satu proposal PTKIN tersebut nantinya akan tetap kita seleksi sesuai dengan agenda Kemenag, Kemenkeu, dan Bappenas,” tutupnya.

Read Next