logo

Kampus

Mahasiswa dari 13 Universitas Ikuti Temu Budaya Nusantara Ke-27 UNS

Mahasiswa dari 13 Universitas Ikuti Temu Budaya Nusantara Ke-27 UNS
Delegasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar, Bali, menampilkan Tari Kecak dalam pagelaran Temu Budaya Nusantara Ke-27 yang digelar secara daring di UNS Solo, Sabtu (20/11/2021). Eduwara.com/Istimewa zoom Imbasadi
Redaksi, Kampus22 November, 2021 11:42 WIB

Eduwara.com, SOLO—Mahasiswa dari 13 universitas di Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah Se- Indonesia (Imbasadi) mengikuti Temu Budaya Nusantara Ke-27 yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu-Sabtu (17-20/11/2021).

Kegiatan yang bertema Optimalisasi IPTEK dalam Pelestarian Budaya Tradisional di Masa Pandemi tersebut dilaksanakan secara daring. Menurut Ketua Panita, Siti Nuraseh, universitas tidak mengizinkan kegiatan secara luring.

"Walaupun angka persebaran covid-19 di Solo cukup rendah, namun pihak universitas tidak memberi izin kegiatan ini diselenggarakan secara luring. Hal itu karena terdapat peserta kegiatan yang berasal dari wilayah yang angka persebaran Covid-19 masih cukup tinggi, seperti yang berasal dari universitas di Sumatera," ujar mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan itu saat ditemui Eduwara.com, Sabtu (20/11/2021) di UNS.

Perhelatan Temu Budaya Nusantara tersebut berisi webinar dan lomba-lomba yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan budaya. Lomba yang digelar di antaranya, lomba karya tulis ilmiah, cipta baca puisi berbahasa daerah, pegelaran budaya, fotografi cagar budaya, poster ilmiah, dan podcast

Direktur Yayasan Sastra Lestari, John Paterson, dan Sekjen Forum Keraton Nusantara, GKR. Koes Moertiyah Wandansari dihadirkan sebagai pembicara pada acara webinar, Kamis (18/11/2021).

Cinta Budaya Bangsa

Sementara itu, Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar, Bali, keluar sebagai juara umum dalam lomba yang digelar di perhelatan tersebut. 

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, turut menyambut kegiatan itu. Dalam sambutannya pada pembukaan acara via zoom, Rabu (17/11/21), Gibran berharap kegiatan Temu Budaya Nusantara dapat mendorong generasi muda secara luas agar tetap mencintai budaya bangsa. 

"Saya mengapresiasi event-event budaya seperti ini. Saya berharap kegiatan Temu Budaya Nusantara ini dapat menarik minat generasi muda untuk mencintai budaya bangsa. Diharapkan generasi muda mau terjun langsung sebagai pelaku seni," ucap Gibran.

Temu Budaya Nusantara merupakan kegiatan tahunan Imbasadi. Menurut Presiden Imbasadi, Zainal Fanani, Temu Budaya Nusantara tahun berikutnya akan diselenggarakan di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku. 

"Selain terdapat lomba seni dan budaya antar anggota Imbasadi, kami juga melaksanakan musyawarah nasional untuk menentukan di mana tempat temu budaya selanjutnya. Kemarin kami sudah sepakat tahun depan Unpatti sebagai tuan rumah," kata Zainal yang juga mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) kepada Eduwara.com, Sabtu (20/11/2021)

Zainal berharap Program Studi Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia dapat menjalin hubungan kerja sama yang bertujuan memajukan kebudayaan Indonesia. (M. Diky Praditia)

 

Editor: Riyanta

Read Next