logo

Kampus

Mahasiswa KKN UGM Kenalkan TIK ke Siswa SMAN 1 Punung

Mahasiswa KKN UGM Kenalkan TIK ke Siswa SMAN 1 Punung
Tim mahasiswa KKN-PPM UGM menggelar pelatihan bertajuk Upgrading Week untuk siswa SMA Negeri 1 Punung, Pacitan, Jawa Timur, pada 4-7 Januari lalu. (EDUWARA/ugm.ac.id)
Redaksi, Kampus10 Januari, 2022 22:32 WIB

Eduwara.com, PACITAN -- Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar pelatihan peningkatan keterampilan fotografi, desain grafis, dan pengenalan teknologi informasi dan komunikasi kepada siswa SMA Negeri 1 Punung, Pacitan, Jawa Timur.

Dosen Pembimbing Lapangan Ari Cahyono menjelaskan pelatihan yang diselenggarakan pada 4-7 Januari lalu merupakan kolaborasi tindak lanjut dari hasil koordinasi KKN PPM UGM dengan Pemerintah Daerah Pacitan. Pelatihan dilaksanakan dengan harapan agar siswa SMAN 1 Punung dapat menjadi sumber daya manusia yang adaptif terhadap perkembangan zaman melalui pengembangan diri. 

“Kita harapkan pembelajaran soft skill dan hard skill yang sesuai dengan perkembangan zaman akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas,” papar Ari Cahyono, dalam laman UGM, Senin (10/1/2022).

Ari Cahyono menjelaskan pelatihan bertajuk Upgrading Week terbagi dalam lima kelas, yaitu kelas thinking skill, smartphone photography, quarter life crisis, desain, dan mitigasi bencana. 

Siswa yang mengikuti kelas smartphone photography diajak belajar tentang dasar-dasar smartphonephotography yang terdiri dari komposisi, genre, dan teknik pencahayaan dalam mengambil foto. 

Pada kelas thinkingskill, yang dilakukan melalui metode forum group discussion (FGD) mengenai suatu permasalahan, siswa dituntut untuk mencari solusi dari permasalahan dalam rangka peningkatan kualitas hidup remaja berbasis quarter life crisis

“Para siswa diharapkan bisa mengatasi masa transisi remaja agar menjadi pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Pada kelas desain, siswa dikenalkan tentang dasar-dasar desain grafis, meliputi unsur hingga prinsip dalam membuat desain yang baik. Sedangkan kelas mitigasi bencana, yang dilaksanakan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Pacitan, bertujuan untuk membentuk kader bencana yang tanggap dan memahami cara menanggulangi bencana.

Agus Zamroni selaku Plt Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Punung mendukung dan mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan Tim KKN-PPM UGM.

“Siswa bisa memperoleh ilmu, pengetahuan, keterampilan serta pengalaman yang berharga dari mahasiswa KKN,” ujarnya.

Read Next