logo

Kampus

Maret Nanti, Presiden Joko Widodo Bakal Resmikan Tower UNS

Maret Nanti, Presiden Joko Widodo Bakal Resmikan Tower UNS
Universitas Sebelas Maret bakal mengundang Presiden Joko Widodo untuk meresmikan Menara UNS (UNS Tower) saat peringatan Dies Natalis ke-46 yang jatuh pada Maret 2022 mendatang. (EDUWARA/K. Setia Widodo)
M. Diky Praditia, Kampus03 Februari, 2022 15:51 WIB

Eduwara.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret bakal mengundang Presiden Joko Widodo untuk meresmikan Menara UNS (UNS Tower) saat peringatan Dies Natalis ke-46 yang jatuh pada Maret 2022 mendatang.

Hal itu diungkapkan Rektor UNS Jamal Wiwoho dalam jumpa pers, Selasa (2/1/2022) di gedung rektorat Dr. Prakosa. Gedung yang diberi nama Ki Hajar Dewantara itu direncanakan menjadi pusat kebijakan dan perencanaan UNS. "Insyaallah gedung 11 lantai Ki Hajar Dewantara akan diresmikan Presiden Joko Widodo," kata Jamal.

Selain peresmian gedung, pada peringatan Dies Natalis ke-46, UNS akan mengadakan pameran di luar ruangan untuk Tower UNS, Kampus UNS, sampai Solo Tekno Park (STP). Masing-masing dari tiga tempat tersebut memiliki simbol yang saling terintegrasi. 

Ketua Panitia Dies Natalis ke-46 UNS Reviono menerangkan Tower UNS merupakan simbol input, di dalamnya meliputi pusat kebijakan, perencanaan, dan konsep. 

Kampus UNS disimbolkan sebagai proses, meliputi porses pendidikan, pengabdian masyarakat, penelitian, inovasi, hingga hilirisasi. "Sedangkan STP merupakan simbol output ekonomi kreatif: seni kriya, desain, desain produk, kuliner, aplikasi, dan lainnya," ungkap Reviono.

Lanjut Reviono, peserta pameran merupakan sivitas akademika dan masyarakat. Mulai dari fakultas, mahasiswa, pusat studi, swasta, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani juga dijadwalkan akan hadir dalam rangka menerima penghargaan dari UNS bertepatan dengan Dies Natalis ke-46 UNS. Pemberian penghargaan tersebut karena Sri Mulyani dinilai memiliki kebijakan yang mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Pemberian penghargaan kepada Sri Mulyani itu sesuai dengan tema Dies Natalis ke-46 UNS, Internasionalisasi dan Pengembangan Inovasi UNS Berbasis Teknologi Digital Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif.

Jamal menambahkan kebijakan Sri Mulyani selama masa pandemi banyak memerhatikan UMKM, seperti penundaan pembayaran angsuran kredit oleh pelaku UMKM dan pemberian bantuan sosial. "Kebijakan yang dikeluarkan Menkeu Sri Mulyani agar UMKM tetap eksis saat pandemi perlu diapresiasi," tutur Jamal.

Adapun kegiatan pendukung Dies Natalis ke-46 UNS meliputi kegiatan ilmiah, pengabdian masyarakat, olahraga, dan seni budaya.

Read Next