logo

Kampus

Pendaftaran Seleksi Program Pascasarjana Unpad Sudah Dibuka

Pendaftaran Seleksi Program Pascasarjana Unpad Sudah Dibuka
Ilustrasi (Unpad)
Bunga NurSY, Kampus15 Februari, 2022 07:19 WIB

Eduwara.com, BANDUNG—Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Pascasarjana Gelombang I Sesi I Tahun Akademik 2022/2023 telah dibuka mulai Senin (14/2/2022). Pendaftaran dibuka untuk program magister, profesi, spesialis, subspesialis, dan doktor.

Ketua panitia SMUP Anas, menjelaskan, pendaftaran SMUP Pascasarjana tahun ini tetap mengacu pada kebijakan sebelumnya, yaitu dibuka sepanjang tahun. Masa pendaftaran dibagi menjadi dua gelombang, yang masing-masing terbagi ke dalam 3 sesi.

“Meskipun pendaftaran dibuka tiga sesi, registrasi [administratif] tetap dilakukan sesuai masa registrasi mahasiswa baru, yaitu di Semester Ganjil 2022/2023,” kata Anas seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Senin (14/2/2022).

Lebih lanjut Anas menyampaikan, secara umum untuk mendaftar SMUP Pascasarjana, peserta wajib memiliki dokumen berupa ijazah, transkrip, hingga nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). Peserta akan dianggap layak jika dokumen persyaratan yang diajukan dinyatakan lengkap dan valid.

Peserta yang eligible kemudian mengikuti tahap wawancara di tingkat fakultas. Hasil dari wawancara tersebut, peserta akan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA). Dokumen LoA ini dapat digunakan peserta untuk melamar beasiswa.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, bagi pendaftar yang belum eligible di sesi pertama, Unpad akan mengikutsertakan untuk mendaftar kembali di sesi kedua di gelombang yang sama tanpa dipungut biaya asalkan pendaftar melampirkan persyaratan yang diperlukan.

“Jika di sesi 2 belum eligible, kita ikutkan lagi di sesi 3 tanpa harus membayar. Tetapi setelah ganti gelombang, peserta harus membayar kembali,” tuturnya.

Informasi pendaftaran SMUP Pascasarjana dapat dilihat di laman resmi SMUP. “Kita buka SMUP Pascasarjana untuk semua lulusan, dari ilmu sosial hingga eksakta,” kata Anas.

Read Next