logo

Art

Ambyar… Pencinta Alam, Pencinta Musik, dan Anak Motor Berbaur dalam Hutanada Banyuwangi

Ambyar… Pencinta Alam, Pencinta Musik, dan Anak Motor Berbaur dalam Hutanada Banyuwangi
Salah satu acara dalam pergelaran Hutanada Ke-2 di Banyuwangi, Jawa Timur, baru-baru ini. Eduwara.com/Istimewa Dok. Panitia Hutanada
Redaksi, Art20 November, 2021 14:00 WIB

Eduwara.com, Surabaya—Pencinta alam dan pencinta musik, Super Friends Surabaya, hingga anak-anak motor Boldriders Surabaya, yang tergabung dalam @Rockinsurabaya, @Uprisesurabaya.official, [email protected],  menggelar acara Hutanada di Banyuwangi.

Lokasi di ujung timur Pulau Jawa ini sengaja dipilih untuk komunitas menepi sejenak di luar kota. Sambil silaturahmi antar komunitas mereka bisa menikmati musik yang dikemas dalam acara Hutanada.

Hutanada adalah acara tahunan yang digelar oleh gabungan komunitas di Surabaya dan sekitarnya tersebut. Pada 2020 lalu acara digelar di  Bukit Glagah Wangi, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Sedangkan tahun ini digelar di bumi perkemahan Kaliandong Sidomulyo, Jambewangi, Banyuwangi.

"Ini adalah kegiatan intimate tahunan yang bertujuan untuk refreshing yang exciting, baik itu mendekat ke alam maupun menikmati musik. Lalu juga bisa mendapatkan pengalaman baru di luar kebiasaan kita di kota. Kemudian mempertemukan elemen-elemen komunitas yang berkolaborasi dengan berbagai platform agar makin akrab dan engage," kata koordinator acara Affan Haris Shofwanadi, dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Sabtu (20/11/2021).

Berbagai komunitas yang tergabung ini juga saling tatap muka dan berbagi ilmu termasuk potensi yang dimiliki masing-masing komunitas. Hal itu memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dalam segala peluang dan kemungkinannya. Acara itu juga meningkatkan solidaritas dan persaudaraan antar komunitas. 

Komunitas yang hadir mayoritas dari Surabaya Raya. Mereka bekerja sama dengan komunitas Superfriends Banyuwangi. 

Potensi Wisata

Acara ini digelar pada akhir Oktober hingga awal November 2021 dan dihadiri dua ratus perwakilan dari berbagi komunitas anak motor, pecinta alam, serta pecinta musik.

Banyuwangi dipilih selain untuk suasana baru, juga karena di sana ada potensi wisata, desa wisata seperti kebun durian, kebun manggis, dan pengusaha kripik. Selain itu tahun depan dusun terakhir yang bersebelahan dengan hutan tersebut bakal menjadi basecamp resmi pendakian Gunung Raung.

Di Hutanada 2021 ini ada berbagai kegiatan yang diikuti oleh kolaborsi komunitas tersebut, seperti camping ceria, dengan hiburan musik, dibuka dengan tari gandrung. Kemudian digelar acara musik yang menampilkan grup Ranting, The Orcas, Day For Uncle Sam, Coconightman dari Bali serta Denny Frust dari Jakarta.

"Kami juga ada kegiatan anjangsana ke beberapa UMKM desa tersebut, dengan tujuan ikut mempromosikan UMKM desa. Acara kami ini didukung berbagai pihak, selain dari kolaborasi komunitas juga di dukung penuh oleh TRAC astra, dan juga pendukung lainnya seperti Wheelger clothing line," urai dia.

Koordinator pencinta alam yang tergabung dalam Super Friends Surabaya, Faris Affandy, mengatakan antusiasme peserta sangat tinggi dan kini selalu menjadi agenda rutin komunitas yang selalu ditunggu-tunggu.

"Kami harap tahun depan Hutanada bisa digelar lagi dengan lokasi yang tak kalah menarik dari acara pertama sampai kemarin," jelasnya. 

Editor: Riyanta

Read Next